Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?



Photo by rawpixel.com from Pexels

KALORI SURPLUSS & DEFICIT DALAM
DUNIA FITNESSS



Dalam dunia fitness ada yang disebut dengan Calorie Surpluss dan Calorie Deficit.
Bagi beberapa orang mungkin sebutan ini sudah tak asing lagi untuk didengar, tetapi dalam dunia fitness kedua hal ini adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Karena 
calorie surpluss dan juga calorie deficit merupakan sesuatu yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh impian kamu. 



Memiliki fisik yang ideal dan juga sehat adalah tujuan banyak orang, tapi untuk mendapatkannya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, karena olahraga mati matian pun tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika pola makan tidak anda jaga. Maka dari itu mengatur pola makan adalah kunci kesuksesan untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan juga sehat.

Namun bukan berarti dengan menjaga pola makan anda akan langsung mendapatkan tubuh yang ideal. Makan sehat tapi kalo makannya kebanyakan ya tetep aja gendut!



Mengatur pola makan dan juga berolahraga dengan rutin adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun semuanya itu perlu proses, membuat otot dan membakar lemak bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan, namun jika dilakukan dengan konsisten dan tetap fokus dengan goal kamu, semuanya pasti akan terbayar:)




Untuk mendapatkan tubuh impian kamu pertama kamu harus menentukan goal kamu, entah itu membuat massa otot atau membakar lemak. Nah di sinilah peran calorie surpluss dan calorie deficit perlu kamu lakukan. Banyak orang ingin membuat massa otot tapi tidak melakukan calorie surpluss, dan juga sebaliknya banyak orang ingin membakar lemak tapi tidak melakukan calorie deficit. Nah dalam artikel ini kita akan membahas kedua hal tersebut sampai tuntas yah!




CALORIE SURPLUSS


Photo by Nathan Cowley from Pexels

Kita mulai dengan calorie surpluss, proses ini adalah dimana kita mengkonsumsi makanan lebih dari calorie yang kita bakar perhari. Jadi calorie surpluss biasa orang lakukan untuk menambah massa otot, istilah ini dikenal dengan istilah "bulking" . Jadi untuk menambah massa otot kasarnya kita mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. Tapi bukan berarti makan bisa seenaknya bisa bar bar bukan gitu ya:). Bulking atau menambah massa otot dilakukan dengan cara mengkonsumsi 200 - 300 calorie lebih banyak dari calorie yang kita bakar perharinya.



Bagi kalian yang ingin menambah massa otot atau bulking lakukan calorie surpluss, namun perlu diketahui melakukan calorie surpluss tanpa berolahraga dalam jangka lama membuat lemak dalam tubuh juga bertambah. Jadi melakukan calorie surpluss dan juga olahraga yang rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.




Jadi bagi kalian yang ingin bulking lakukan calorie surpluss bukan calorie deficit ya, karena tidak jarang orang yang ingin menambah massa otot tapi makan terlalu sedikit. Dan olahraga yang saya maksud di sini adalah angkat beban. Karena dengan angkat beban kita bisa membuat otot dan kita juga bisa membakar lemak. 


[ baca juga : cara menaikan berat badan untuk si kurus ]




CALORIE DEFICIT





Berbeda dengan calori surpluss, calorie deficit adalah dimana kita mengkonsumsi makanan lebih sedikit dari calorie yang kita bakar perhari, jadi kasarnya ya kita kekurangan kalori sehingga yang kita bakar itu lemak. Jadi untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan lakukanlah calorie deficit. Nah maka dari itu untuk menurunkan berat badan tidak harus berolahraga namun dengan berolahraga hasilnya lebih maksimal.

baca juga : "pilih whey atau gainer?"




Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan diet super ketat, menyiksa dirinya dengan menahan rasa lapar dengan berlebihan, nyatanya dengan mengkonsumsi 200 - 300 kalori lebih sedikit dari kalori yang kita bakar bisa membakar lemak. Maka dari itu diet super ketat yang menahan lapar secar berlebihan bukanlah sesuatu yang bagus dan harus dihindari.

Calorie deficit yang berlebihan juga bukanah sesuatu yang bagus
( mengkonsumsi 500 kalori atau lebih dari kalori harian yang dibakar ). Karena melakukan calorie deficit terlalu ekstrim juga bisa membakar otot kamu. Otot bukanlah sesuatu yang ingin kita bakar.



Nah jika kalian ingin membakar lemak pada tubuh anda baik pria atau wanita lakukanlah calorie deficit, konsumsilah makanan 200 - 300 kalori lebih sedikit dari kalori yang kalian bakar.




KESIMPULAN

Calorie surpluss dan calorie deficit adalah 2 hal yang berbeda, tentukan goal anda dan tetap fokus pada tujuan tersebut. Menghitung jumblah kalori yang anda konsumsi perhari adalah suatu hal yang sangat penting, bagaiman anda melakukan calorie surpluss atau calorie deficit jika anda tidak menghitung jumblah kalori yang anda masukan ke tubuh anda sendiri. 

Sekian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!