Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?



Untuk membentuk otot diperlukan beberapa hal agar 
otot bisa terbentuk dengan optimal.
Teman teman pasti sudah tahu kan bahwa Nutrisi adalah hal utama dalam membentuk otot. Dengan mencukupi nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh tiap harinya tentunya akan memberikan efek yang optimal pada fase pembentukan otot ini. 


Oleh karena itu banyak pertanyaan yang muncul tentang hal ini. Emangnya bisa bentuk otot tanpa bantuan suplemen? Nah pada artikel ini kita akan membahas cara
membentuk otot tanpa suplementasi!



Apa Itu Suplemen?



Suplemen pada dasarnya adalah sebuah produk yang dikonsumsi lewat mulut yang memiliki satu atau lebih komposisi nutrisi. 
Dalam dunia fitness, terdapat beberapa jenis suplemen dari berbagai macam merk yang bisa kalian dapatkan di toko suplemen terdekat anda. Nah tentu tiap jenis suplemen fitness memiliki kandungan nutrisi dan kegunaan yang berbeda beda tiap jenisnya.


Jenis jenis suplemen antara lain ; Whey, Gainer, BCAA, Amino, Creatine, Fat Burner.

Berikut tadi adalah beberapa contoh dari jenis suplemen yang tentunya memiliki kandungan dan kegunaannya yang berbeda. Jadi sebelum mengkonusmsi suplemen konsultasikanlah terlebih dahulu dengan orang yang berpengalaman agar kita tahu betul suplemen jenis apa yang sesuai dengan tujuan kita masing masing.





Teman teman sudah tahu kan bahwa untuk membentuk otot diperlukan nutrisi yang cukup sesuai dengan kebutuhan masing masing setiap harinya. Nah peran suplementasi fitness disini adalah memastikan untuk tiap orang bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya agar otot bisa terbentuk dengan efektif dan maksimal.




"Bisa Gak Si Gan, Bentuk Otot Tanpa Suplemen?"


Jawabannya sangat sangat bisa! Seperti yang teman teman ketahui bahwa suplemen merupakan sebuah produk yang memiliki satu atau lebih komposisi nutrisi, yang bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kita tiap harinya. Selama kebutuhan makronutrisi kita bisa terpenuhi dengan cukup tiap harinya tentu kita tidak perlu menggunakan asupan nutrisi tambahan dari suplemen, dan tetap bisa membentuk otot tanpa suplemen!


Tapi memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa manusia terkadang sibuk sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tiap harinya, nah disinilah peran suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kita, karena suplemen merupakan sarana untuk melengkapi kebutuhan nutrisi kita bukan untuk PENGGANTI makanan. 


Nah sekarang kita sudah paham bahwa kita masih bisa membentuk otot tanpa nutrisi tambahan dari suplemen selama kita mencukupi kebutuhan makronturisi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing masing.


Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen!



1. Konsumsi Kalori Lebih Banyak




Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membentuk otot tanpa suplemen adalah dengan cara mengkonsumsi kalori lebih banyak. Karena untuk membentuk otot tubuh kita diharuskan untuk mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan atau yang biasa disebut kalori surpluss.Dengan melakukan kalori surpluss  tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk membentuk otot.


Manusia membutuhkan sekitar 2000 - 2500 kalori perharinya, tentu tiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda beda tergantung jenis kelamin, tinggi, berat, dan aktivitas yang dilakukan tiap orang. Kalori surpluss yang baik adalah dengan cara mengkoknsumsi 200 - 300 kalori lebih banyak dari kalori harian kalian masing masing.






Mengkonsumsi kalori terlalu banyak dapat meningkatkan kadar lemak pada tubuh, oleh karena itu kita harus tetap memperhatikan asupan kalori yang masuk, agar kita dapat memenimalisir kenaikan kadar lemak pada tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi 

200 - 300 kalori lebih banyak dari kebutuhan kalori harian kalian masing masing. 



2. Progressive Overload




Cara selanjutnya untuk membentuk otot tanpa suplemen adalah dengan melakukan progressive overload. Untuk membentuk massa otot kita harus melatih otot pada tubuh kita, otot tidak akan pernah terbentuk tanpa latihan yang rutin dan konsisten.


Progressive overload adalah metode dalam memberikan tantangan pada otot yang sedang dilatih, dengan cara menambah beban, repetisi, dan set saat sedang latihan, tujuannya adalah untuk meningkatkan ukuran, kekuatan, dan ketahanan otot.




3. Mencukupi Asupan Protein




Mencukupi protein adalah salah satu cara yan paling penting untuk membentuk otot. 
Otot yang sudah kita latih tidak dapat berkembang secara optimal tanpa adanya asupan protein yang cukup.


Fungsi utama protein pada tubuh adalah untuk memperbaiki jaringan pada tubuh manusia jika ada yang mengalami kerusakan. Dengan begitu tubuh dapat memastikan bahwa jaringan di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik.






Untuk meningkatkan massa otot dibutuhkan setidaknya 2 gram protein tiap killogram berat badan. Jadi jika kalian memiliki berat badan 60 kg, maka kalian membutuhkan sekitar 

120 gram protein untuk membentuk otot.


Contoh makanan yang tinggi protein :


  • Daging Merah 
  • Ikan
  • Ayam
  • Telur
  • Susu
  • Dll 

4. Menjaga Kualitas Tidur



Menjaga kualtias tidur juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan massa otot. 
Karena otot akan berkembang dan diperbaiki saat kita berisitirahat. Nah jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, otot yang sudah kita latih dan diberikan asupan nutrisi yang cukup tidak akan berkembang secara optimal tanpa mendapatkan kualitas tidur yang cukup. 


Usahakan untuk mencukupi kebutuhan istirahat setidaknya
6 - 8 jam setiap hari. Dengan begitu otot yang sudah dilatih dapat berkembang secara otpimal


Oleh karena itu begadang merupakan hal yang harus dihindari! Selain berdampak pada perkembangan otot kalian, begadang juga dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan tubuh, mulai dari melambatnya metabolisme, stress, diabetes, hingga jantung!


Kesimpulan


Jadi kesimpulannya adalah untuk membentuk massa otot tidak diperlukan suplemen!
Selama kita mencukupi kebutuhan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing masing dan melakukan olahraga yang ruitn dan konsisten untuk membentuk 
otot :D Semoga bermanfaat 
GOOD LUCK

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus
  2. Terima kasih Atas Informasinya minn... Ditunggu Artikel terbarunya ya :)

    Salam Dari Komunitas Sabung Ayam Indonesia : pemainayam.org

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!