10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat





PROTEIN

Pada dasarnya adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam kehidupan manusia, protein berfungsi sebgai pembentukan sel-sel baru dalam tubuh, mempengaruhi kerja enzim, hormon, dan kekebalan tubuh.

Dalam dunia fitness protein merupakan sayarat utama untuk membangun massa otot, tanpa protein yang cukup proses pembentukan massa otot pada tubuh manusia akan terganggu, oleh karena itu diharuskan setiap orang untuk mengkonsumsi protein sesuai dengan kebutuhan mereka masing masing.

Protein bisa didapat melalui makanan yang kita konsumsi, protein dibagi menjadi 2 jenis protein, protein hewani, dan protein nabati
  • Protein Hewani merupakan asupan nutrisi protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya
  • Protein Nabati merupakan asupan nutrisi protein yang bersumber dari tumbuhan. (orang vegetarian mencukupi kebutuhan proteinnya melalui protein nabati)

Nah setelah mengetahui perbedaa dari kedua jenis tersebut beriku adalah makanan yang kaya akan protein yang bisa kita dapat untuk memenuhi kebutuhan protein harian kita, antara lain.

Protein Hewani

#1. Daging ayam
     
Nah daging ayam adalah sumber protein favorite kebanyakan orang, daging ayam merupakan sumber protein yang mudah didapat dan harganya yang terjangkau.
100 gram daging ayam mengandung sekitar 30 gram protein. 

#2 Telur

Merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Dalam satu butir telur terkandung sekitar 6 gram protein. Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena asam amino esnsial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Sedikit saran dari saya sebaiknya anda memilih putih telur karena putih telur bebas dari lemak dan bebas dari kolestrol.

#3. Daging ikan

Protein pada daging ikan mengandung berbagai asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Daging ikan juga kaya akan omega 3 dan juga omega 6.
Kebanyakan pada 100 gram daging ikan terdapat sekitar 20 gram protein, namun tergantung oleh jenis ikan, karena tiap ikan memiliki nutrisi yang berbeda beda.

#4. Daging merah

Merupakan salah satu makanan yang tidak hanya sebagai sumber protein namun daging merah juga terkandung vitamin B12 yang tidak bisa didapat di dalam daging putih. Binatang sapi, kambing, kerbau, kuda, dan babi adalah contoh contoh dari bintang  berdaging merah. Jumblah protein yang terkandung pada daging merah tiap100 gram adalah sekitar 25 - 30 gram protein.

#5. Susu

Susu juga merupakan salah satu sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi, selain menjadi sumber protein, susu juga kaya akan kalsiumnya. Produk olahan yang terbuat dari susu seperti yougurt, dan juga keju juga termasuk makanan yang kandungan proteinnya baik untuk tubuh kita. Dalam 1 gelas susu atau sekitar 250ml susu terkandung sekitar 8-10 protein.

Protein Nabati

#1. Tempe dan Tahu

Makanan ini merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat dan harganya yang relative murah. Selain itu tempe dan tahu juga merupakan salah satu sumber protein yang pengolahannya mudah. Dalam 100 gram tempe terdapat sekitar 20 gram protein di dalamnya, sedangkan tahu tiap 100 gramnya terdapat sekitar 10 gram protein
di dalamnya. Jika dibandingkan kandungan proteinnya masi lebih banyak tempe dibandingkan denga tahu ( team tempe :D )

#2. Susu kedelai

Susu kedelai dibuat dari kecang kedelai yang digiling dan kemudian direbus. Secara alami susu kedelali bebas dari kolestrol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa. Susu kedelai memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan susu sapi, untuk 250 ml atau setara dengan 1 gelas susu kedelai terdapat 7-8 protein di dalamnya.


#3 Kacang Merah

Selain menjadi sumber protein nabat kacang merah juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga bisa mencegah anemia definisi besi pada bayi. Tiap 100 gram kacang merah terkandung sekitar 25 gram protein di dalamnya.

#4. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sumber protein yang memiliki kualitas asam amino yang sangat penting bagi pertumbuhan manusia, untuk 100 gram kacang tanah terdapat
sekitar 26 gram protein di dalamnya.



Nah sekian adalah penjelasan dari protein hewani baik nabati beserta dengan contoh contoh sumbernya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian yah:)
   





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!