7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!





Olahraga Untuk Bakar Lemak Paling Ampuh!

Tentunya mempunyai tubuh yang ideal merupakan impian bagi banyak orang, 
kadar lemak yang tinggi pada tubuh terkadang membuat beberapa orang kurang percaya diri akan tubuhnya. Umumnya lemak terbentuk oleh karena kalori yang kita konsumsi lebih banyak dari yang seharusnya, sehingga membuat tubuh manusia memilki kadar lemak / cadangan energi yang tinggi.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tentunya kita diharuskan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Mulai dari pola makan yang teratur dan pola latihan yang disiplin.

Dengan kedua aspek tersebut tentunya kita bisa mengurangi kadar lemak pada tubuh dan mengubah penampilan tubuh.

Seperti yang teman teman ketahui bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan. Umumnya olahraga merupakan salah satu media agar manusia bisa membakar lebih banyak kalori perharinya, tentunya olahraga juga memilki banyak manfaat lainnya untuk tubuh manusia.


Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa jenis olaharaga untuk mengecilkan perut dan paha paling ampuh! Tetapi sebelum itu alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebab dari tingginya kadar lemak di beberapa bagian tubuh manusia ( perut / paha ).


Kenapa Hal Itu Bisa Terjadi?

Umumya ada beberapa hal yang dapat membuat naiknya kadar lemak pada tubuh manusia meningkat. Berikut adalah beberapa hal tersebut.


#1. Pola Makan yang Tidak Teratur


Photo by Kate Voytsutskaya on Unsplash

Hal pertama yang membuat tingginya kadar lemak pada tubuh manusia adalah pola makan yang buruk. Tentunya masih banyak orang yang kurang memperhatikan kualitas pola makan mulai dari menghitung jumblah kalori dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

baca juga : makanan tinggi kalori yang harus dihindari saat diet!


Mengkonsumsi kalori yang berlebih tentunya penyebab utama yang menyebabkan naiknya kadar lemak pada tubuh manusia. Ketika manusia mengkonsumsi kalori lebih banyak dari  yang tubuh mereka butuhkan, tentunya kalori tersebut akan diubah menjadi cadangan energi ( lemak ) oleh tubuh.



#2. Kurang Beraktivitas

Photo by Avi Naim on Unsplash


Nah alasan kedua yang menyebabkan tingginya kadar lemak pada tubuh manusia adalah kurang beraktvitas. Untuk mengecilkan perut atau paha tentunya kita harus mengurangi kadar lemak pada tubuh kita. Kurangnya beraktivitas membuat metabolisme pada tubuh menjadi lambat, sehingga tubuh tentunya hanya mampu membakar kalori dengan jumblah yang sedikit.

Nah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas, tubuh kita tentunya akan memerlukan lebih banyak energi dan membakar kalori lebih banyak, sehingga metabolisme tubuh manusia juga akan meningkat.



#3. Kualtias Tidur




Tentunya kualitas tidur juga merupakan salah satu penyebab tingginya kadar lemak pada tubuh manusia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mereka yang kurang tidur membakar setidaknya 5% lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang menjaga kualitas tidurnya.

Tentu begadang adalah hal yang harus kita hindari, selain memberikan efek negative pada tubuh manusia, begadang juga meningkat kemungkinan naiknya kadar lemak pada tubuh manusia. Karena begadang membuat jam makan kita lebih banyak, dan biasanya orang yang begadang cenderung ngemil yang meningkatkan kemungkinan naiknya kadar lemak.


Nah itu adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kadar lemak pada tubuh, tentunya masih banyak hal lainnya lagi yang dapat mengakibatkan tingginya lemak pada tubuh manusia.


baca juga : 4 alasan badan kamu gak jadi jadi!


Cara Mengatasinya



#1. Mengatur Pola Makan




Seperti yang teman teman ketahui bahwa tiap makanan yang kita konsumsi pasti memilki jumblah kalori yang berbeda beda. Oleh karena itu kita harus mengatur pola makan kita masing masing, agar kita dapat mengetahui total jumblah kalori yang kita konsumsi tiap harinya supaya tidak melebihi kalori yang tubuh ktia butuhkan.


Saran saya adalah mengetahui makanan mana yang memilki jumblah kalori yang tinggi dan mana yang tidak. Karena ada beberapa makanan yang memilki ukuran yang terbilang kecil namun memilki jumblah kalori yang sangat tinggi didalamnya. Oleh karena itu kita harus tau betul akan jumblah kalori makanan yang akan kita konsumsi.

Usahakan untuk menghitung kalori pada makanan tiap kali kita mau makan.
Jumblah kalori pada suatu makanan bisa kita lihat dari berbagai sumber, contohnya internet atau aplikasi kesehatan yang tersedia di perangkat kalian masing masing.


#2.Olahraga




Yap seperti yang saya katakan sebelumnya, dengan melakukan olahraga membuat tubuh kita mampu membakar kalori lebih banyak dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. Selain itu dengan berolaharaga tentunya memilki manfaat lain yang baik untuk tubuh manusia. Berolahraga setidaknya 3x dalam seminggu saja sudah cukup.

baca juga : apa itu kardio dan jenis jenisnya!



Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!


1. Renang
Olahraga pertama yang bagus untuk mengecilkan perut dan paha adalah renang. Karena dengan melakukan aktivitas ini tubuh kita dapat membakar kalori lebih banyak, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk tubuh mengurangi kadar lemak pada bagian tubuh tertentu. Dengan melakukan aktivitas renang tubuh kita mampu membakar kalori kurang lebih 500 kalori untuk 60 menit.



2. Angkat Beban
Olahraga satu ini juga salah satu olahraga yang bisa teman teman lakukan jika ingin mengecilkan perut dan paha. Dengan melakukan aktivitas angkat beban tubuh kita mampu membakar kalori sebanyak 600 kalori untuk 60 menit. 

baca juga : 6 manfaat angkat beban untuk wanita!


Selain meningkatkan kemungkinan untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh, angkat beban juga salah satu jenis olahraga juga mampu untuk meningkatkan massa otot pada tubuh manusia. Namun perlu diketahui bahwa untuk meningkatkan massa otot memerlukan waktu yang tidak sebentar, konsistensi, dan tentunya dengan menyeimbangi asupan nutrisi dan pola latihan yang baik.




3. HIIT
Olahraga HIIT atau "High Intensity Interval Training" umumnya sedikit berbeda dengan olahraga lainnya, dimana olahraga yang satu ini merupakan salah satu oalhraga dengan intensitas yang tinggi dengan waktu yang terbilang singkat ( 5 - 20 mnt ).

HIIT sangat cocok bagi mereka yang tidak memilki waktu yang banyak untuk berolahraga, dengan melakukan HIIT sekitar 5 - 20 menit tubuh kita dapat membakar kalori sebanyak 100 - 300 kalori.


Gerakan HIIT yang bisa anda lakukan seperti:


  • Jumping Jack
  • Squat Trust
  • Squat Jump
  • Ladder Exercise ( naik turun tangga )
  • Sprint
  • Dll



4. Boxing
Nah olahraga yang satu ini juga tidak kalah dengan olahraga lainnya, yap boxing / tinju merupakan salah satu olahraga yang ampuh untuk membakar lemak pada tubuh kamu!
Dengan melakukan olahraga ini tubuh akan mampu membakar kalori sekitar 800 kalori dalam 60 menit!

Boxing merupakan salah satu jenis olahraga yang mulai diminati banyak orang, kalian bisa memanggil instruktur untuk melakukan olahraga ini. Selain sangat bermanfaat, boxing juga merupakan olahraga yang seru untuk dilakukan!




5. Lompat Tali
Tidak punya waktu dan malas keluar untuk olahraga? Tenang lompat tali atau yang biasa dikenal dengan skipping bisa menjadi solusi untuk anda yang tidak memilki banyak waktu untuk berolahraga. Cukup dengan 10 menit setiap harinya tubuh kita mampu membakar 100 - 150 kalori lebih banyak loh!

Selain merupakan olahraga yang efektif untuk membakar lemak, skipping juga diadakan dikompetisi di berbagai derah! Dari pada males malesan di kasur mendingan skipiing!




6. Zumba
Olahraga zumba biasanya kita jumpai di beberapa tempat fitness centre, tentunya zumba tidak kalah efektif dengan olahraga lainnya, dengan melakukan zumba tubuh kita mampu untuk membakar sekitar 650 kalori tiap 60 jam lebih banyak! Olahraga ini juga sangat mudah dan simple kita hanya perlu mengikuti gerakan gerakan yang dilakukan oleh instruktur di tempat fitness kalian!



7. Yoga
Yoga juga merupakan salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mengecilkan perut dan paha! Selain mampu untuk membakar lemak pada tubuh, yoga juga memilki manfaat lainnya mulai dari untuk mengurangi stress, meningkatkan kebugaran, kesehatan tulan, sampai mengurangi masalah asma, dan tentuntya masih banyak manfaat lainnya.

Dengan melakukan yoga selama 60 menit tubuh kita mampu membakar kalori 400 - 500 lebih banyak loh! Kalian bisa mengikuti instruktur yoga dengan mengikuti kelas yoga, atau bisa melakukan melalui video yoga yang sudah tersedia di internet pada perangkat kalian masing masing!




Nah sekian artikel Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh! 

Intinya olahraga apapun yang kita lakukan pasti membuahkan hasil jika kita melakukannya dengan konsisten dan menyeimbangkannya dengan pola makan yang teratur.
Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!