8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi



MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI


Kunci kesuksesan dalam diet hanya satu, yaitu menjaga pola makan. Dalam diet, 
pola makan adalah hal utama yang perlu diperhatikan, karena percaya tidak percaya nutrisi jauh lebih penting dibanding dengan program latihan. Seberat apapun kalian berolahraga jika kita tidak menjaga pola makan, ya berat badan kalian tidak akan turun. 

Nah karena kunci kesuksesan diet adalah menjaga pola makan, maka kita harus mulai untuk mengatur pola makan kita, mulai dari apa yang kita makan, kapan kita makan, dan seberapa banyak yang kita makan. Seperti yang kalian tau banyak sekali jenis diet yang sudah sering kita dengar atau kita baca dari berbagai sumber. Tapi diet yang membuahkan hasil adalah diet yang menjaga pola makan agar makanan yang kita konsumsi tidak lebih dari kalori harian kita atau yang biasa disebut KALORI DEFICIT.

baca juga : kalori surpluss dan deficit

Pada umumnya tiap manusia memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda beda, tergantung dari jenis kelamin, tinggi, berat, dan juga umur orang tersebut. Jadi sebelum kalian memulai program diet langkah pertama yang harus anda ketahui adalah mengetahui berapa jumblah kalori harian anda, sehingga anda memiliki acuan akan berapa banyak makanan yang boleh anda konsumsi sehari.

Setelah anda mengetahui berapa kalori yang anda butuhkan perharinya langkah selanjutnya adalah menjaga pola makan agar jumblah kalori yang kita konsumsi perharinya tidak melebihi kalori harian kita masing masing. Bagaimana kita mengetahui kalori yang kita konsumsi tidak melebihi kalori harian kita? Caranya adalah dengan menghitung tiap makanan yang kamu konsumsi.

Tiap makanan pasti memiliki jumblah kalori yang berbeda beda, maka dari itu kita harus tau persis apa yang kita konsumsi setiap harinya. Ada loh makanan yang jumblah kalorinya sangat besar namun tidak mengenyangkan :), bahaya sekali yah. Nah berikut adalah makanan yang harus anda hindari selama anda menjalani program diet.


MAKANAN / MINUMAN YANG TINGGI KALORI

#1. Fast Food

Makanan pertama yang harus dihindari saat menjalani program diet adalah Fast Food.
Iya makanan fast food atau siap saji sudah menjadi makanan allternative banyak orang saat sedang terburu buru, karena penyajiannya yang cepat dan rasanya yang bisa dibilang enak :). 

Namun makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan yang tidak baik bagi tubuh manusia, makanan cepat saji memiliki kandungan garam, gula buatan yang tinggi dan salah satu contoh makanan yang kandungan lemaknya cukup tinggi.

Jumblah kalorinya bisa kalian periksa pada masing masing website resmi restoran cepat saji.

#2. Kue Kue

Kue adalah makanan selanjutnya yang perlu kalian hindari saat menjalani diet, kue diolah dari beberapa bahan mulai dari tepung, gula, dan mentega. Kue mengandung kalori yang sangat tinggi dan nutrisinya yang rendah. untuk sekali penyajiannya kue mengandung sekitar 250 kalori loh.


Jika kalian ingin mengkonsumsi sesuatu yang manis mulailah beralih pada camilan manis yang lebih sehat seperti buah, pisang atau apel contohnya.


#3. Eskrim

Yap makanan berikutnya yang mesti kalian hindari ialah eskrim. Kalorinya terbilang besar untuk ukurannya yang kecil, selain tinggi kalorinya eskrim juga memiliki kandungan gula yang cukup besar, dalam sekali penyajiannya eskrim mengandung sekitar 200 - 250 kalori dan mengandung sekitar 15 gram gula. Padahal menurut kementrian kesehatan Indonesia, manusia memiliki batasan gula yang dikonsumsi perharinya, yaitu sekitar 50 gram.


#4. Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan camilan favorite untuk kebanyakan orang, rasanya yang renyah nan gurih dipadu dengan saus pedas, merupakan kombinasi yang indah sungguh sebuah mahakarya:)). Namun dibalik rasanya yang enak kentang goreng memiliki kandungan kalori yang cukup besar dan juga kandungan sodiumnya yang besar.

Pada tiap penyajianya kentang goreng memiliki 300 - 400 kalori loh, sangat besar untuk camilan yang tidak mengenyangkan:).


#5. Snack Chiki

Chiki merupakan snack yang sangat mudah ditemukan, kita semua memiliki snack chiki favorite kita, banyak varian rasa dan jenis yang bisa kamu temukan di minimarket terdekat anda. Namun perlu diketahui bahwa Snack Chiki memiliki kalori yang sangat besar loh,
Untuk sekali penyajiannya Chiki memiliki jumblah kalori sekitar 500 kalori. 

Jadi sebelum kalian membeli snack yang ada di minimarket bacalah terlebih dahulu nutrition fact yang sudah ada dibalik kemasan tiap snack.


#6. Kopi yang Berkalori

Pada umumnya kopi memiliki 0 kalori jika tidak ditambahkan gula, namun sekarang banyak kopi yang sudah dicampur krim pemanis atau saus pemanis lainnya yang menyebabkan penambahan kalori pada kopi tesebut. Kopi seperti ini memiliki sekitar 250 - 350 kalori tiap penyajiannya, biasakan untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula dan krimer setiap kali anda meminum kopi, karena kandungan kalori dari kopi hitam tanpa gula yaitu 0 kalori.

#7. Bir

Kita sudah sering mendengar kabar jika kita terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol maka perut kita bisa buncit. Sebenarnya pernyataan seperti ini tidak bisa dibilang sepenuhnya benar dan juga salah, karena pada umumnya perut buncit adalah tingginya kadar lemak pada bagian tertentu tubuh manusia. 

Saat manusia mengkonsumsi kalori lebih dari kalori harian mereka maka energi tersebut akan disimpan pada tubuh manusia sebagai energi cadangan yaitu lemak. Intinya yang menyebabkan perut buncit bukanlah Minuman Beralkohol, melainkan karena jumblah kalori yang masuk kedalam tubuh lebih dari yang diperlukan perhari ( Kalori surpluss ).


Untuk setiap penyajiannya Minuman beralkohol mengandung sekitar 150 - 200 kalori cukup besar untuk cairan berkalori. 


#8. Minuman Bersoda dan Kemasan Lainnya

Yang terakhir adalah minuman bersoda dan minuman kemasan yang bisa kalian temukan di supermarket terdekat. Bisa kalian periksa kalori dan kandungannya pada Nutrition Fact yang sudah tertera di bagian belakang kemasan produk masing masing.

Sebagian besar minuman bersoda dan minuman kemasan memiliki jumblah kalori yang besar dan memiliki kandunan gula yang banyak, maka dari itu kita harus mulai waspada tidak hanya dari apa yang kita makan saja, karena dari apa yang kita minum juga kita harus memperhatikan kandungan minuman tersebut. Mulai biasakan untuk mengkonsumsi minuman hanya dari minuman yang mengandung 0 kalori, contohnya kopi hitam tanpa gula, teh tanpa gula, dan air putih.



Sekian dan terimakasi :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!