4 Alasan Badan Gak Jadi Jadi Padahal Sudah Lama Gym!!


Kenapa Badan Gak Jadi Jadi, Padahal Sudah Lama Latihan?!



Banyak kenalan aku yang bertanya "bro, kok badanku gajadi jadi ya? Padahal uda 6 bulan latihan". Atau "bro, kok badan aku progressnya lama banget padahal uda latihan seminggu 7x". Ujung ujungnya karena tidak ada perkembangan yang signifikan ia mulai frustasi dan berhenti di tengah tengah, padahal 3 bulan gym jika dilakukan dengan benar seharusnya sudah membuahkan hasil, tapi karena kurangnya pengetahuan akan program latihan, pola makan, dan lainnya yang membuat progressnya lama bahkan sia sia. Aku pribadi sudah melihat perubahan pada tubuh aku sendiri hanya dalam waktu 2-3 bulan, dan pada bulan ke 6 teman teman sekitarku mulai berkomentar dan kaget dengan perkembangan badanku, seneng juga kan dapat pujian hehe. Nah dalam artikel ini aku akan bahas alasan mengapa otot kamu tidak mengalami perkembangan dan badan kamu gak jadi jadi.



Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat badan dan otot tidak jadi jadi, tapi hal pertama yang perlu diketahui adalah dalam proses menaikan massa otot / fat loss, memerlukan waktu yang tidak singkat. It takes time. Setidaknya kita harus membuang jauh jauh pikiran bahwa ini adalah perjalanan yang singkat, fokus aja sama goal kita masing masing dan percaya deh sekalinya kamu melihat perkembangan pada badan kamu sendiri kamu bakal ketagihan:)). 

[ baca juga : cara untuk menaikan berat badan untuk si kurus ]



Tentukan Goal Kamu

Kamu harus tau goal kamu sendiri,dalam dunia fitness ada 2 hal yang dikenal dengan bulking atau cutting kamu, Singkatnya kamu mau gedein badan atau bakar lemak kamu gitu lah singkatnya:). Gamungkin dong kamu mau gedein badan atau bulking tapi makannya sedikit, dan sebaliknya. Nah setelah kamu mengerti dengan goal kamu, FOKUS pada goal kamu, lakukan yang terbaik. Nah alasan alasan kenapa badan kamu gak jadi jadi adalah antara lain.

[ baca juga : apa itu calorie surpluss dan deficit ]






1. PROGRAM LATIHAN



Dalam dunia fitness ada banyak sekali jenis program latihan yang bisa kamu ikuti, contohnya, push/pull, fullbodyworkout, upperlower. Pilihlah program latihan yang kamu rasa cocok untuk kamu. banyak pemula yang tiap latihan ke gym mereka hanya melatih bagian otot yang mereka mau, contohnya orang yang tiap ngegym ia bermain dumbellcurl selama 30 menit, dan cardio 30 menit, dan kemudian pulang. Kalo gitu doang mah mending latihan di rumah:). Jadi mengikuti program latihan apa saja boleh yang penting kita tetap fokus dan konsisten melakukannya



Beban juga harus ditambah, jangan selama 1 tahun latihan kamu hanya mengangkat beban yang sama beratnya. Contoh, selama 1 tahun lamanya kamu mengangkat beban dalam latihan benchpress seberat 20kg dan kamu lakukan terus menerus tanpa menambah bebannya / progressiveoverload. Kalo gitu mah otot mana bisa berkembang:). Jadi cari repetisi yang pas, gampangnya gini, kalo kamu bisa angkat beban diatas 12 repetisi itu artinya beban kamu terlalu ringan, dan bila kamu tidak bisa mengangkat beban lebih dari 5 repetisi itu artinya beban kamu terlalu berat. Carilah beban yang pas dengan repetisi 8-12 repetisi.






2. PROTEIN


Tanpa potein latihan sekeras apapun sia sia bro, karena protein bisa dibilang adalah sebagai bahan bangunan untuk membuat otot. Jadi untuk memperbaiki otot otot yang rusak diperlukan protein yang cukup. 

baca juga : 10 makanan pembuat otot


Protein bisa didapat dari berbagai sumber, mulai dari hewani dan juga nabati, contoh sumber protein yang paling dikenal banyak orang biasanya, telur, susu, dada ayam, dan lain lain. Nah usahakan untuk mendapatkan protein yang cukup setiap harinya dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein tersebut. Nah kebutuhan protein tiap orang juga beda beda, usahakan kalian mendapatkan 1.5 gram protein untuk tiap kilogram berat badan kalian. Contohnya jika berat kali 70 kg, maka kalian akan membutuhkan 105 gram protein tiap harinya MINIMAL, iya minimal:) tapi aku sendiri terkadang tidak bisa memenuhi kebutuhan proteinku setiap harinya hehe:).

10 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi






3. ISTIRAHAT


Sebenarnya saat kita latihan kita merobek otot kita sendiri, dan nantinya akan diperbaiki saat kita beristirahat dan otot pun menjadi berkembang dan lebih besar, singkatnya begitu.
Jadi tak heran jika kalian masi sering bergadang badan kalian gak jadi jadi, usahakan untuk tidur 7-8 jam agar otot kalian diperbaiki secara maksimal.






4. AIR


Kekurangan air merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan mengapa badan kalian gak jadi jadi. Peran air dalam membangun massa otot sangat penting, karena air membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.
Dehidrasi juga bisa mengakibatkan penurunan tenaga dan daya tahan otot kalian, sedangkakn dalam proses peningkatan massa otot daya tahan otot sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot kalian.

baca juga 5 cara mudah menaikan berat badan secara alami!




Itulah 4 alasan yang menyebabkan otot anda tidak berkembang sehingga badan anda tidak jadi jadi. Kiranya artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua :)).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!