5 Cara Mudah Naik Berat Badan Dengan Alami!



CARA NAIK BERAT BADAN DENGAN ALAMI

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian bagi banyak orang, namun masih banyak orang yang masih kebingungan dalam mencapai tujuan ini. Umunya tiap orang memilki jenis tubuh yang berbeda beda, untuk mendapatkan tubuh yang ideal ada beberapa hal yang harus dilakukan, mulai dari mengatur pola makan, rajin berolahraga, dan lainnya.

Kunci dalam menaikan berat badan secara alami adalah dengan cara menghitung kalori tiap kali kita makan. Umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 2000 kalori perharinya, tentunya tiap orang memilki kebutuhan kalori harian yang berbeda beda. Kebutuhan kalori tiap orang berbeda beda tergantung dari jenis kelaminnya, usia, tinggi badan, dan aktivitas yang mereka lakukan sehari sehari.
Untuk mengetahui kalori harian kalian masing masing bisa di cek di link di bawah ini.

https://tdeecalculator.net


Nah dengan mengetahui kalori harian kalian masing masing, menaikan badan dapat dilakukan dengan mudah. Umumnya menaikan berat badan adalah dimana kita mengkonsumsi kalori lebih banyak dari kalori harian kita. Contohnya jika kalori harian kalian  adalah 2000 kalori, maka untuk menaikan berat badan kalian harus mengkonsumsi lebih dari 2000 kalori tiap harinya. Sebaliknya jika kalian tidak mengkonsumsi lebih dari 2000 kalori kemungkinan yang terjadi adalah berat badan kalian akan stuck di angka yang sama atau malah menurun!


Sebelum kita membahas tentang cara menaikan berat badan dengan alami, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dulu penyebab kenapa kalian susah menaikan berat badan!


Penyebab Susah Naik Berat Badan!

Tidak sedikit orang yang kesusahan dalam menaikan berat badannya, Nah ada beberapa alasan mengapa beberapa orang susah untuk menaikan berat badan.


"Metabolisme Cepat"

Yap alasan pertama yang membuat beberapa orang susah menaikan berat badannya adalah karena mereka memilki metabolisme yang cenderung cepat. Orang yang kurus biasanya memilki metabolisme yang cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang gemuk. Metabolisme adalah proses dimana tubuh kita melakukan pengolahan zat gizi makanan yang telah dikonsumsi yang kemudian diubah menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari hari.

Oleh karena itu orang yang memilki metabolisme yang cepat cenderung susah untuk menaikan berat badannya, karena idealnya mereka membakar lebih banyak kalori dari mereka yang memiliki metabolisme yang lebih lambat!

"Makan Terlalu Sedikit"

Penyebab lain yang membuat sebagian orang susah untuk menaikan berat badannya adalah Makan Terlalu Sedikit. Yap tentunya jika ingin menaikan berat badan pada dasarnya anda diharuskan untuk makan lebih banyak dari yang tubuh anda butuhkan, sehingga kalori yang kita konsumsi perharinya bisa melebihi kalori harian kita.

Usahakan untuk mengkonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak baik tiap anda makan.
Jadi mulailah untuk menghitung kalori tiap kali anda makan, dan carilah makanan yang mempunyai kandungan kalori yang tinggi.

"Stress"

Stress juga merupakan salah satu alasan mengapa beberapa orang susah untuk menaikan berat badan. Kondisi mental seperti stress atau depresi dapat mengakibatkan perubahan fungsi hormon pada tubuh, penurunan metabolisme, sehingga tubuh tidak mampu menyerap asupan gizi yang sudah kita konsumsi dengan baik.

"Olahraga Berlebihan"

Olahraga berlebihan juga bisa menjadi salah satu alasan yang membuat berat badan kamu susah naik! Olahraga yang tidak diimbangi dengan pola makan yang cukup malah membuat tubuh kamu kekurangan kalori, sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai energi cadangan.


Untuk menaikan berat badan nyatanya kita harus mengkonsumsi kalori yang lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan, tetapi olahraga yang berlebih membuat kemungkinan kita untuk mengkonsumsi kalori lebih dari yang tubuh kita butuhkan sangat susah.

"Begadang"

Orang yang mempunyai gaya hidup yang kurang sehat juga sangat berpengaruh pada pembahasan kita kali ini. Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus kita hindari sebisa mungkin. Selain dapat mengakibatkan hal buruk pada tubuh manusia, begadang juga salah satu alasan susah untuk menaikan berat badan.

Umumya saat begadang tubuh manusia akan membakar kalori lebih banyak, yang sehingga meningkatkan kemungkinan untuk kalori yang kita konsumsi tetap tidak melebihi kalori harian kita.



Cara Menaikan Berat Badan Dengan Alami!

#1. Makan Lebih Banyak

Photo by Joseph Gonzalez on Unsplash

Nah hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui jumblah kalori harian kita masing masing dan mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan.
Tiap makanan pasti memilki jumblah kalori yang berbeda beda, oleh karena itu kita harus memperluas wawasan kita tentang kalori pada tiap makanan. 
Cara mengetahui kalori yang terkandung dalam makanan bisa di cek dalam aplikasi yang sudah tersedia atau kalian bisa mencari tau di internet.

Menambah porsi dan volume pola makan kamu bisa menjadi solusi untuk menaikan berat badan kamu, usahakan untuk mengkonsumsi kalori lebih banyak dari tubuh kita butuhkan.
Idealnya untuk menaikan berat badan kita harus mengkonsumsi sekitar 300-500 kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan perhari.

#2. Konsumsi Liquid Kalori

Bagi kalian yang susah untuk makan banyak, konsumsi liquid kalori atau kalori yang kita dapat dari cairan bisa menjadi solusi untuk menaikan berat kalian. Karena liquid kalori mengandung kalori yang bisa dibilang cukup besar.

Liquid kalori yang saya maksud disini bukan minuman bersoda atau minuman kaleng lainnya, karena minuman minuman tersebut mengandung gula yang berlebih dan tidak baik untuk kesehetan tubuh manusia.

Contoh liquid kalori yang bisa kalian konsumsi seperti smoothie. Selain memiliki kandungan kalori yang tinggi, smoothie juga memilki kandungan vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

#3 Olahraga


Saat kita mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita, secara bertahap berat badan kita pasti akan bertambah. Namun perlu diketahui mengkonsumsi kalori yang berlebih dengan jangka waktu yang lama dapat membuat kadar lemak yang ada pada tubuh bertambah secara berlebihan (gemuk).

Nah dengan berolahraga kita bisa meminimalisir kenaikan lemak, contoh olahraga yang dapat dilakukan seperti lari, renang, futsal, dan juga angkat beban. Dengan melakukan olahraga tertentu kita juga dapat membuat massa otot pada tubuh kita, jadi berat yang naik tidak hanya dari kenaikan lemak melainkan dari massa otot juga, contohnya seperti latihan angkat beban.


#4. Menjaga Kualitas Tidur

Mendapatkan istirahat yang cukup juga menjadi salah satu aspek penting dalam fase menaikan berat badan manusia. Usahakan untuk mendapatkan 6 - 8 jam istirahat tiap harinya. Agar sel dan jaringan otot yang sudah diapakai saat beraktivitas oleh manusia bisa diperbaiki secara maksimal saat kita beristirhat.

#5. Supplementasi


Pada umumnya menggunakan supplemen untuk menaikan berat badan tidaklah harus, karena pada umumnya suplemen adalah pelengkap makanan bukan pengganti makanan. Selama kita bisa mencukupi kebtuhan kalori harian kita, melengkapi nutrisi dan gizi tiap harinya nyatanya kita tidak memerlukan suplemen.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa manusia terkadang sibuk dan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tiap harinya, nah disaat seperti inilah kegunaan dari suplemen bisa sangat membantu. 


Seperti yang kalian ketahui bahwa banyak sekali jenis yang terdapat pada suplemen. Bagi orang yang ingin menaikan berat badannya disarankan untuk mengkonsumsi weight gainer, karena pada dasarnya weight gainer memiliki kandungan kalori yang tinggi,sangat cocok untuk orang yang kesusahan untuk memenuhi kebtuhan kalorinya.

Contoh Makanan yang Tinggi Kalori

Umumnya tidak ada makanan yang bisa menaikan berat badan, karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, berat badan akan naik jika kalori yang kita konsumsi perharinya lebih dari yang tubuh kita butuhkan. Jadi sudah jelas mengkonsumsi makanan tertentu tidak akan membuat berat badan anda bertambah, melainkan jumblah kalori yang anda konsumsi perharinya.

Makanan yang mengandung kalori tinggi bisa menjadi solusi untuk anda, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi meningkatkan kemungkinan supaya anda mengkonsumsi kalori lebih dari yang tubuh anda butuhkan.

#1. Kacang Kacangan

Photo by Tom Hermans on Unsplash

Kacang kacangan merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung kalori cukup tinggi. Selain mengandung kalori yang tinggi, kacang juga mengandung protein dan lemak baik yang sangat baik untuk tubuh manusia.

Per 100 gram kacang mengandung sekitar 350 kalori ( Tergantung jenis kacang ).

#2. Selai Kacang

Photo by Olia Nayda on Unsplash

Yap makanan berikutnya yang mengandung kalori yang tinggi adalah selai kacang. Selai kacang juga merupakan sumber lemak baik dan protein yang bagus untuk tubuh manusia.
Selai kacang bisa anda sajikan dengan tambahan roti gandum.

per 100 gramnya selai kacang mengandung sekitar 550 kalori ( Tergantung merek selai ).

#3. Susu

Photo by Stijn te Strake on Unsplash

Susu juga merupakan jenis liquid kalori yang harus anda konsumsi jika ingin menaikan berat badan. Selain mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, susu juga merupakan salah satu sumber protein yang sangat mudah untuk didapat.

Per 250 ml susu mengandung sekitar 120 kalori

#4. Alpukat


Seperti yang kalian tahu alpukat merupakan salah satu sumber lemak baik selain kacang. Selain menjadi sumber lemak baik alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin yang tentunya sangat baik bagi tubuh manusia.

Jus alpukat juga merupakan salah satu liquid kalori yang bisa kalian konsumsi untuk menaikan berat badan, jus alpukat yang dicampur dengan susu kental manis memilki jumblah kalori yang sangat besar yang bisa anda jadikan refrensi untuk program menaikan berat!

Per 100 gramnya alpukat mengandung sekitar 160 kalori.

#5. Daging


Daging juga bisa anda jadikan refrensi yang bagus untuk program menaikan berat badan kalian! Karean selain memilki kalori yang cukup tinggi, daging juga merupakan sumber protein yang bagus untuk pemulihan massa otot.

Per 100 gramnya daging mengandung sekitar 150 kalori ( Tergantung jenis daging & Penyajiannya).


Sekian adalalah cara mudah untuk menaikan berat badan secara alami. Perlu diingat untuk menaikakn berat badan perlu diimbangi dengan pola latihan yang baik, untuk mengoptimalkan progress teman teman sekalian. Semoga bermanfaat!:)








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!