Bulking Atau Cutting Dulu Sih? Jangan Buang Buang Waktu!



Bulking dulu atau Cutting dulu sih?

Pertanyaan ini sering sekali terdengar, semoga sehabis membaca artikel ini tidak ada lagi yang kebingungan ya :D.
Banyak pemula fitness yang kerap kali kebingungan akan hal ini, kita semua memiliki tujuan yang berbeda beda dalam dunia fitness, beberapa ingin menaikan berat badannya, beberapa mungkin ingin menurunkan berat badannya. 

Banyak pemula yang kerap kali dengan pertanyaan ini, hingga akhirnya terjebak pada progress yang minim. Karena itu kalian harus tau betul tujuan fitness kalian masing masing, jangan sampai salah tujuan dan akhirnya membuang banyak waktu dan uang.
Dan tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi, maka dari itu pastikan anda tidak bingung lagi setelah membaca artikel ini! usahakan untuk memaksimalkan potensi anda dan tidak membaung buang waktu.

Nah sebelum kita membahas pembahasan kali ini alangkah baiknya jika kita mnegetahui terlebih dahulu yang dimaksud dengan bulking dan cutting.

BULKING

Photo by Alora Griffiths on Unsplash


Pembahasan tentang bulking sudah pernah saya jelaskan pada artikel sebelah, jadi saya hanya akan menjelelaskan secara garis besarnya saja :D

Pada dasarnya bulking adalah fase dimana kita ingin menaikan berat badan kita, tetapi perlu diketahui kenaikan berat badan yang dimaksud disini adalah berat otot bukan lemak!
Menaikan massa otot pada masa ini memerlukan beberapa aspek, mulai dari asupan nutrisi, program latihan, dan lain lain. Intinya kita ingin membangun massa otot dengan meminimalisir kenaikan kadar lemak pada tubuh kita.

Yap, pada fase bulking tujuan utama kita adalah membangun massa otot, tetapi disaat yang sama kadar lemak kita juga ikut bertambah! Ingat buat otot itu sangat susah dan diperlukan waktu yang tidak singkat, kalo buat lemak sih gampang!

Kesalahan banyak pemula pada fase bulking adalah terlalu terpaku dengan timbangan! Ini adalah kesalahan saya dulu saat menjalani masa bulking, saya sangat senang karena dalam satu bulan saya berhasil menaikan berat saya sebanyak 5 kilo, dan nyatanya setelah saya banyak membaca dan belajar, pemula hanya dapat membuat massa otot sebanyak 2 killo dalam sebulan! Terus 3 kg nya tu apa bro? LEMAK, jadi jangan terlalu terpaku pada timbangan.


CUTTING

Photo by i yunmai on Unsplash

Singkatnya cutting adalah dimana kita ingin mengurangi kadar lemak pada tubuh kita.
Untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh, kita perlu untuk melakukan yang namanya "kalori deficit", intinya tubuh kita perlu kekurangan energi sehingga tubuh kita menggunakan energi cadangan kita dan dengan begitu kita bisa membakar lemak pada tubuh kita :D.

Kesalahan banyak pemula pada fase ini adalah makan terlalu sedikit atau diet terlalu ekstrim.  Memang berat badan pasti turun dan lemak terbakar, namun perlu diketahui berat otot juga bisa ikut terbakar! Yap tidak hanya lemak, otot juga bisa ikut terbakar dan hilang, tentunya kita tidak menginginkan otot yang dengan susah kita buat hilang begitu saja kan?
Oleh karena itu dalam fase ini kita perlu untuk tetap menjaga pola makan, untuk tidak terlalu ekstrim dan tidak melebihi kalori harian kita, bagaimana caranya? Hitung kalori.


"Terus intinya kita mesti Bulking atau Cutting dulu sih mas ?"

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, sebenarnya semua tergantung kondisi tubuh kalian yang sekarang. Tiap manusia pasti memiliki fisik tubuh yang berbeda beda, seperti yang kalian ketahui ada beberapa orang yang cenderung kurus, beberapa orang yang cenderung gemuk, namun ada juga satu tipe tubuh dimana orang tersebut kurus tapi memiliki kadar lemak yang tinggi ( biasanya perut buncit ), jenis tubuh seperti ini biasanya disebut dengan skinnyfat.

#1. Kurus / UnderWight

Untuk orang yang cenderung kurus saya sarankan untuk menjalani fase bulking terlebih dulu, kenapa engga cutting? Karena orang yang kurus biasanya memilki kadar lemak yang relative sedikit dan juga sedikit massa otot, ya singkatnya uda kurus mau dikurusin lagi?

Konsumsi kalori lebih tinggi dari yang tubuh kita butuhkan sehari, dan kombinasikan dengan program latihan yang baik, agar kita dapat meningkatkan massa otot kita dan meminamilisr kenaikan kadar lemak pada tubuh kita.

Jangan naik berat badan terlalu cepat! Ingat menimalkan kenaikan lemak! Kontrol pola makan kalian, naik sekitar 1-2 kg perbulannya juga sudah sangat baik.

Banyak orang kurus susah untuk menaikan berat badannya. saran saya yaitu, mulailah untuk menghitung kalori kamu setiap harinya. Makan lebih banyak, dan makan liquid kalori atau kalori yang didapat dari cairan, karena biasanya liquid kalori tidak begitu mengenyankan jika dibandingkan dengan makan berat, contohnya seperti jus.

#2. Gemuk / OverWeight

Jika kalian termasuk orang yang cenderung gemuk, saya sarankan untuk menjalani fase cutting terlebih dahulu. Tujuan dalam fase cutting ini adalah dimana kita ingin mengurangi kadar lemak, kalori deficit adalah satu satunya cara untuk menghilangkan lemak pada tubuh.


Banyak orang yang memulai diet tetapi tak lama kemudia berhenti di tengah jalan, oleh karena itu kunci dari diet adalah kita harus tetap enjoy agar kita tidak mudah jenuh dengan program cutting kita, cari makanan dengan kalori yang kecil tapi mengenyankan, kurangi camilan dan beralih pada cemilan yang lebih sehat seperti buah.

#3. SkinnyFat

Sebenarnya yang pada jenis tubuh skinnyfat bisa dibilang agak menjebak ya :D, karena jenis tubuh ini terlihat kurus, namun disisi lain memilki kadar lemak yang cukup tinggi.
Tetapi untuk jenis tubuh ini saya sarankan untuk Bulking terlebih dahulu.

Kenapa saya menyarankan bulking terlebih dahulu bukan cutting? hmm karena jika orang tersebut melalukan cutting terlebih dahulu memang lemaknya mungkin akan hilang, tapi orang tersebut bakal kurus kerempeng karena ia memiliki massa otot yang minim.
Dan menurut saya akan memakan banyak waktu jika melakukan cutting, alangkah baiknya jika orang yang skinnyfat menjalani bulking terlebih dahulu

Jadi untuk kalian yang memiliki jenis tubuh yang seperti ini, saya sarankan untuk menjalani fase bulking terlebih dahulu, bangun massa otot untuk beberapa waktu baru kemudian cutting.

Tetap perhatikan asupan kalori dan protein untuk meminamalisir kenaikan lemak, kita tidak ingin agar kadar lemak pada tubuh naik terlalu cepat.

Nah sekian untuk topik hari ini semoga bermanfaat :D











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!