5 Tips Cutting yang Benar! Bakar Lemak & Mempertahankan Otot



Photo by Victor Freitas on Unsplash

CUTTING

Cutting adalah suatu istilah yang tak asing lagi dalam dunia fitness. Tujuan utama dalam proses cutting ini adalah untuk menurunkan kadar lemak pada tubuh, agar massa otot yang sudah kita bangun pada fase bulking bisa lebih terlihat jelas.

Fase cutting bisa dibilang kebalikan dari fase bulking, dimana saat kita bulking kita memerlukan kalori yang lebih untuk membangun massa otot, sebaliknya pada fase cutting adalah fase dimana tubuh dalam keadaan kekurangan energi sehingga tubuh kita bisa menggunakan lemak sebagai energi cadangan, dengan begitu kadar lemak pada tubuh bisa berkurang.





Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang pada fase ini adalah makan terlalu sedikit dan turun berat badan terlalu cepat, Berat badan pada tubuh manusia itu bisa dibilang sedikit komplex, karena berat badan manusia itu tidak terdiri hanya dari lemak saja, melainkan ada berat otot, air, dan lain sebagainya. Jadi jangan senang jika kalian turun berat badan terlalu cepat, karena besar kemungkinannya berat yang turun tersebut bukan berat lemak.


Tetapi menjalani fase ini tidak semudah kedengarannya, ada beberapa aspek penting yang harus dilakukan agar fase ini berjalan dengan baik, umumnya fase ini bertujuan untuk menurunkan kadar lemak pada tubuh, namun disaat yang sama otot kita juga terancam untuk dibakar oleh tubuh. Tentunya kita tidak ingin otot yang sudah susah payah kita bangun selama masa bulking hilang begitu saja.


Nah berikut adalah 5 Tips dan panduan lengkap dalam menjalani fase cutting ini.


#1. Kalori Deficit & Protein




Tips yang pertama adalah Kalori Deficit, seperti yang kalian ketahui kalori deficit adalah kebalikan dari kalori surpluss. Keadaan ini adalah dimana kita mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang tubuh kita perlukan perharinya. Untuk membakar lemak pada tubuh manusia tidak ada cara lain selain membuat tubuh kita kekurangan energi, kecuali sedot lemak :D. 

Umumnya kalori deficit adalah membuat tubuh kita kekurangan dengan cara mengkonsumsi kalori lebih sedikit. Tetapi jangan makan terlalu sedikit, Cutting yang baik adalah dengan cara mengkonsumsi sekitar 300-500 kalori dibawah kalori harian kita masing masing. Contohnya jika kalori harian kalian sebanyak 2500, maka kalian perlu mengkonsumsi sekitar 2000-2300 perhari. Jadi mulailah untuk menghitung kalori perhari dengan konsisten dengan teliti.


Jika kalian mengkonsumsi kalori terlalu sedikit atau terlalu ekstrim dibawah kalori harian kita, contohnya sekitar 700+ dibawah kalori harian kita, memang berat tubuh kita akan berkurang dengan lebih cepat, namun otot kita juga terancam untuk diuraikan oleh tubuh kita. Oleh karena itu tetap konsisten untuk mengkonsumsi setidaknya 300-500 kalori dibawah kalori harian kita masing masing pada fase cutting ini, agar berat badan yang berkurang sebagian besar terdiri dari lemak.


Selain itu kita juga harus ingat untuk tetap mengkonsumsi cukup protein untuk tubuh kita, ushakan untuk mendapatkan 1.5 - 2 gram tiap kilo berat badan kita. 


baca juga : 10 makanan pembuat otot


#2. Latihan




Banyak orang yang mengatakan bahwa dalam fase cutting kita harus berlatih dengah beban yang rendah dan reptisi yang tinggi, Justru dalam fase ini kita harus mengangkat beban berat, agat otak kita dapat memberi sinyal kepada otot kita bahwa kita masih memerlukan otot tersebut, ya intinya agar otot kita tidak terbakar pada fase cutting ini.

Pada umunya pada fase cutting kita tidak dapat membangun massa otot, namun bagi mereka yang masih pemula dapat membangun massa otot dan membakar lemak diwaktu yang sama. Mereka tetap dapat membangun massa otot dalam kalori yang deficit yang terkontrol. Tapi bagi kalian yang sudah latihan lebih dari 1 tahun keatas diusahakan untuk tetap mempertahankan beban dan menu latihan yang sama pada masa bulking.


Jangan lari dari beban yang berat! Usahakan untuk tetap menjalani program latihan yang sama pada saat fase bulking, namun mungkin perlu dikurangi durasi latihannya, usahakan tidak lebih dari 1 setengah jam. Karena pada masa kekurangan energi otot kita sangat terancam untuk dibakar pada tubuh kita jika kita terlalu lama latihan.


#3. Kardio

Pada fase cutting ini kardio juga salah satu aspek penting dalam fase ini, karena kardio dapat membakar kalori lebih. Terkadang kita susah untuk mengkonsumsi kalori kurang dari kebutuhan kalori harian kita, oleh karena itu kardio bisa menjadi salah satu strategi agar kita bisa membakar kalori lebih banyak!


Tetapi perlu diketahui kardio terlalu lama juga dapat mengakibatkan katabolik pada otot, atau penyusutan pada otot. Tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi pada otot kita, oleh karena itu lakukan kardio secukupnya namun efektive, 30-45 menit adalah durasi yang tepat untuk melakukan kardio, usahakan untuk tidak melebihi dari 1 jam dalam melakukan kardio.


Banyak sekali jenis kardio yang bisa kita lakukan, pilihlah kardio yang tepat dan sesuai dengan diri kalian masing masing, contohnya lari, renang, atau mungkin bermain futsal dengan teman :D.





#4. Supplemen

Tentunya bukan sebuah keharusan untuk memakai supplemen pada fase cutting, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa suplemen berperan cukup penting bagi mereka yang jadwalnya sibuk sehingga tidak bisa memenuhi asupan nutrisi hariannya. Ingat suplemen bukanlah pengganti makanan melailnkan pelengkap makanan, tetap konsumsi nutrisi dari real food yah :D.

Seperti yang kalian ketahui banyak sekali jenis suplemen, dan kegunaan fungsinya berbeda tergantung jenis tiap suplemennya, jadi jangan sampai salah menggunakan suplemen pada fase cutting ini. 


Kalian bisa menggunakan whey protein untuk pelengkap kebutuhan protein harian anda, dan BCAA pada masa cutting. Jangan sampai salah menggunakan suplemen ya agar kita tidak membuang buang waktu dan tentunya uang, kita semua pasti ingin mengoptimalkakn progress kita tanpa membuang buang waktu.

#5. Istirahat

Tentunya sangat penting untuk istirahat sekitar 6-8 jam sehari, agar tubuh kita dapat recovery dengan baik, sehingga kita dapat beraktivitas kembali dengan baik dan normal. Selain itu istirahat juga sangat penting bagi otot, agar otot yang kita latih bisa diperbaiki saat kita berisitirahat. Usahakan untuk mendapatkan 6-8 jam tidur dalam sehari.



Nah sekian adalah artikel tentang 5 tips Cutting yang benar! semoga dengan membaca ini banyak pertanyaan dari teman teman sekalian yang bisa terjawab dengan membaca artikel ini. Semoga bermafaat :D.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!