Sudah Banyak Makan Tapi Berat Badan Gak Naik Naik? Ketahuilah Penyebabnya!




Pernah gak sih kalian lihat orang yang makannya buanyaakkk tapi tetep kurus? Udah makan 5x sehari tapi berat badan gak naik naik. Tidak sedikit orang yang ingin menaikan berat badan agar lebih berisi dan ideal, tetapi masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan dalam mengatur pola makan dan gaya hidup yang membuat badan mereka tetap kurus!


Menaikan berat badan sebenarnya tidak segampang kedengarannya lho. Simplenya orang yang ingin menaikan berat badannya diharuskan untuk makan lebih banyak, membuat tubuh mereka mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh mereka butuhkan. ( kalori surpluss )



baca juga : Maksud kalori surpluss dan deficit


Sedikit cerita saya sudah pernah berada dalam posisi yang sangat sangat kurus, dan sangat sangat sangat gemuk :D, jadi saya menyadari bahwa untuk menaikan berat badan itu membutuhkan waktu dan konsistensi sama halnya dalam menurunkan berat badan.



Orang yang makan banyak tapi tetap kurus mungkin dialami oleh beberapa orang, sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini bisa terjadi, mulai dari pola makan sampai gaya hidup. Oleh karena itu kita harus mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi tersebut agar kita program yang kalian jalani dapat berjalan dengan lancar dan optimal.




PENYEBAB SUSAH NAIK BB PADAH SUDAH MAKAN BANYAK!


Nah umunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi susahnya naik berat badan, mulai dari faktor pola makan, sampai gaya hidup yang kalian jalani. Perlu diketahui bahwa menaikan berat badan membutuhkan niat, konsistensi, dan waktu yang tidak sebentar!
Penyebab susah naik berat badan antara lain :



"Kurang Kalori"





Penyebab pertama adalah kurang kalori. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk menaikan berat badan kita harus membuat tubuh kita mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan. ( kalori surpluss )


Rata rata orang dewasa membutuhkan sekitar 2000 - 2500 kalori perhari, nah jadi kita harus mengkonsumsi kalori lebih dari 2500 untuk menaikan berat badan kita!
Tentu tiap orang memilki jumblah kalori harian yang berbeda beda tergantung usia, tinggi, berat badan, dan aktivitas yang mereka lakukan tiap harinya.
Intinya syarat untuk menaikan berat badan adalah dengan mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan.


"Tapi gan, W uda makan 6x sehari kok gak naik naik?"


Nah memang simplenya untuk menaikan berat badan kita harus makan lebih banyak, tapi kalian tahu kan bahwa tiap makanan memilki jumblah makanan yang berbeda beda. Ente sudah makan 6x sehari, yang jadi pertanyaannya adalah apakah dengan 6x makan tersebut sudah bisa melebihi kalori harian kalian atau belum?! Kalau belum ya gabakal naik gan!  Saran saya kita harus mengetahui betul jumblah kalori tiap kali kita hendak makan, dengan begitu kita bisa mengetahui apakah makanan yang kita konsumsi sudah cukup atau belum. 


Makan sudah banyak tapi yang dikonsumsi makanan yang rendah kalori, tentu akan membuat susah untuk mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan. Sebanyak apapun kalian makan selama tidak melebihi kalori yang dibutuhkan tubuh, ya berat kamu ganaik naik gan!


Oleh karena itu kalian harus mempetimbangkan makanan mana yang seharusnya kalian konsumsi. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, seperti kacang kacangan, susu, daging, dll. Makan 2 - 3x sehari juga nyatanya tetap bisa menaikan berat badan selama kalori yang kita konsumsi melebihi kalori harian kita!


baca juga : 10 makanan pembuat otot


"Metabolisme Cepat"


Ya faktor berikutnya yang mengakibatkan susah untuk menaikan berat badan adalah metabolisme. Metabolisme adalah proses konversi makanan yang dijadikan energi untuk tubuh kita dalam melakukan segala aktivitas. Orang yang cenderung kurus biasanya memiliki metabolisme yang sangat cepat, yang membuat orang tersebut tetap kurus walaupun sudah makan banyak! Sebaliknya dengan orang yang cenderung gemuk biasanya memiliki metabolisme yang cenderung lambat yang membuat orag tersebut susah untuk menurunkan berat badannya.


Tapi bukan berarti orang yang memiliki metabolisme yang cepat tidak bisa menaikan berat badannya! Berat badan tetap bisa naik selama jumblah kalori yang dikonsumsi melebihi kalori harian kalian secara konsisten. Dengan begitu perlahan tapi pasti berat badan akan naik meskipun memiliki metabolisme yang cepat!


"Berlebihan Olahraga"





Olahraga umumnya adalah suatu aktivitas yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Olahraga tentunya memilki banyak manfaat mulai dari menjaga kesehatan imun, memperkuat fisik, menambah massa otot, hingga menjaga kesehatan jantung.


Namun berlebihan dalam berolahraga tentunya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi naiknya berat badan kamu! Kenapa demikian? Dengan melakukan olahraga tubuh kita akan membakar lebih banyak kalori, sehingga mempersulit kita untuk mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh kita butuhkan. 


Bayangkan saja orang yang memiliki metabolisme yang cepat dan sering melakukan olahraga berlebih, Berapa banyak kalori yang harus ia konsumsi agar melebihi kalori yang dibutuhkan tubuh orang tersebut, tentunya sangat banyak!


baca juga : program latihan untuk pemula!


Bukan berati untuk menaikan berat badan kita harus menghindari olahraga! Lebih tepatnya kita harus meminalisir waktu dalam berolahraga. Usahakan untuk melakukan olahraga tidak lebih dari 40 menit, cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu.


"Gaya HIdup Tidak Sehat"


Photo by Sajjad Zabihi on Unsplash


Selain berdampak pada kesehatan tubuh, memiliki gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab susah naiknya berat badan kalian!
Fisik kamu saat ini adalah cermin dari pola hidup dan pola makan kamu!
Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan susah naik berat badan :

  • Merokok
  • Alkohol
  • Begadang
  • Kurang Istirahat

Gaya hidup yang tidak sehat diatas adalah beberapa contoh dari sekian banyak kebiasaan yang terjadi dalam kehidupan sehari hari. Sebagai contoh, menurut riset orang yang aktif merokok cenderung susah untuk menaikan berat badannya karena dapat menekan nafsu makan sehingga membuat kalori yang masuk kedalam tubuh sangat minim.


Oleh karena itu mulailah untuk menerapkan budaya hidup sehat mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolahraga, untuk mendapatkan fisik dan mental yang sehat :D.


CARA MENAIKAN BERAT BADAN SECARA IDEAL


Tidak sedikit orang yang sering kali kesulitan dalam menaikan berat badannya demi tubuh yang ideal. Setelah mengetahui faktor penyebab sulitnya naik berat badan mulai dari pola makan sampai gaya hidup, berikut adalah beberapa cara untuk menaikan berat badan secara ideal dan sehat :

  • Konsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh butuhkan     (kalori deficit)
  • Lengkapi kebutuhan makronutrisi yaitu, karbohidrat, protein, dan lemak baik
  • Tidak berlebihan dalam berolahraga namun secara teratur
  • Menjaga kualitas tidur 
  • Terapkan gaya hidup yang sehat



Nah diatas adalah beberapa cara untuk menaikan berat badan secara ideal dan sehat.
Tidak ada yang tidak bisa dan tidak ada yang terlambat :D, semua pasti bisa jika kita melakukannya dengan sungguh sungguh dan tetap konsisten! 


Goodluck.









Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!