5 Kebiasaan yang Membuat Berat Kamu Nggak Turun Turun! Rahasia Diet


kita sudah tidak asing lagi dengan kata diet. Memilki tubuh yang atletis dan ideal tentunya menjadi impian bagi banyak orang, tapi untuk mendapatkan impian itu ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Mengatur pola makan dan memiliki pola latihan yang disiplin adalah 2 aspek penting untuk mendapatkan tubuh ideal.

Tapi tidak sedikit orang yang sering kali gagal dalam menjalani dietnya, menagapa? Tentu karena kurangnya pengetahuan dalam dunia diet. Hal sepele yang terkadang menjadi alasan gagalnya diet kamu. 


Nah artikel ini kita akan membahas beberapa alasan yang dapat membuat program diet kamu gagal! Tapi sebelum kita memulai pembahas kali ini alangkah baiknya jika kita mengetahui arti diet terlebih dahulu.


Apa itu diet?

Umumnya diet adalah pengaturan pola makan, mulai dari jumblah kalori dan kandungan nutrisi yang dikonsumsi. Diet tidak hanya berlaku bagi orang yang ingin mengurangi berat badannya saja, melainkan orang yang ingin menaikan berat badannya juga harus melakukan program diet, karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa diet adalah pengaturan pola makan.

Bagaimana cara mengatur pola makan?

Tentunya tiap makanan memilki jumblah kalori dan kandungan nutrisi yang berbeda beda, nah bagaimana cara kita mengatur pola makan kita? Tentu dengan cara memperhatikan jumblah asupan kalori dan makronutrisi setiap harinya. 

Tiap orang memilki jumblah kalori yang berbeda beda, umumnya orang dewasa memiliki kebutuhan kalori sekitar 2000 - 2500 kalori perharinya, tergantung jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang mereka lakukan sehari hari. 


Pola makan yang seimbang tentunya menjadi kunci utama dalam diet, mengkonsumsi kebutuhan kalori yang sesuai dan mencukupi kebutuhan makronutrisi. Namun kenyataanya masih banyak orang yang gagal dalam menjalani diet, karena dalam diet kita harus memilki komitmen tinggi dan konsisten.Melengkapi makronutrisi tiap kali makan, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak baik.


baca juga : 7 olahraga untuk mengecilkan perut dan paha!


Cara diet yang benar!

Seperti yang kalian ketahui tidak sedikit orang yang kerap kali gagal dan berhenti menjalani program dietnya. Tentunya ini dikarenakan karena kurangnya pengetahuan dalam dunia diet, selain harus harus memilki komitmen dan konsistensi dalam diet, kita juga harus mengetahui cara melakukan diet yang benar, agar program diet kita dapat membuahkan hasil yang optimal.


Mengatur pola makan, menghitung kalori tiap harinya, dan berolahraga adalah langkah utama yang harus anda lakukan dalam menjalani diet. 

1. Kalori Deficit


Photo by OLA Mishchenko on Unsplash


Menghitung kalori bisa dibilang kunci dalam keberhasilan diet. Dengan menghitung kalori tiap harinya kita jadi mengetahui apakah kalori yang kita konsumsi melebihi kalori yang dibutuhkan tubuh atau tidak.

Kalori deficit adalah keadaan dimana tubuh kekurangan kalori kemudian menggunakan lemak sebagai cadangan energi, sehingga kadar lemak dan berat badan secara otomatis akan menurun.

baca juga : selengkapnya tentang kalori deficit dan surpluss


Bagaimana cara menghitung kalori?

Umumnya sebelum kita menghitung kalori kita terlebih dahulu kita harus mengetahui jumblah kalori harian kita. Umumnya manusia dewasa membutuhkan sekitar 2000 - 2500 kalori perharinya. Tentunya tiap manusia memilki jumblah kalori yang berbeda beda tergantung dari jenis kelamin, usia, berat badan, dan aktivitas yang mereka lakukan tiap harinya.

Cara mengetahui kalori harian bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menghitung manual menggunakan rumus atau menggunakan tdee kalkulator yang bisa ditemukan dalam website tertentu pada internet.

baca juga : cara menghitung kebutuhan kalori harian anda!

Tentunya diet akan lebih mudah jika kita sudah mengetahui kalori yang diperlukan tubuh perharinya. Diet 100% akan berhasil jika kita mengkonsumsi kalori dibawah kebutuhan kalori harian kita masing masing.

2. Berolahraga


Photo by Frame Harirak on Unsplash


Dengan melakukan olahraga secara rutin dan disiplin membuat metabolisme pada tubuh meningkat, dimana tubuh dapat membakar kalori lebih banyak sehingga meningkatkan kemungkinan untuk manusia mengkonsumsi kalori dibawah kalori yang dibutuhkan tubuh ( kalori deficit )

Seperti yang teman teman ketahui bahwa dengan mengkonsumsi kalori dibawah kalori yang dibutuhkan tubuh atau kalori deficit adalah kunci utama dalam keberhasilan diet. Dimana tubuh yang kekurangan kalori akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi, sehingga kadar lemak dan berat badan secara otomatis akan menurun.

Selain untuk menurunkan kadar lemak pada tubuh, tentunya berolahraga memilki manfaat lainnya yang tentu sangat bagaus untuk kesehatan manusia. 

baca juga : 6 manfaat ngegym untuk wanita


"Bisa gak diet tanpa olahraga?"

Faktanya manusia bisa menurunkan berat badan jika mengkonsumsi jumblah kalori lebih sedikit dari yang tubuh butuhkan. Selama kita mengkonsumsi jumblah kalori lebih sedikit dari tubuh butuhkan  secara konsisten, pelan namun pasti tubuh akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi, sehingga lemak bisa terbakar dan kadar lemak pada tubuh berkurang yang membuat berat badan anda menurun!

Tanpa berolahraga kita tetap bisa menurunkan berat badan, namun dengan melakukan olahraga dapat mempercepat program diet kita, karena dengan melakukan olahraga tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak sehingga meningkatkan kemungkinan untuk tubuh melakuka kalori deficit setiap harinya.


Alasan yang mebuat diet kamu gagal terus!

1. Tidak Menghitung dan Melakukan Kalori Deficit
Salah satu penyebab gagalnya diet adalah karena tidak menghitung kalori saat menjalani program diet. Kalori deficit adalah satu satunya cara untuk menurunkan kadar lemak serta berat badan! Banyak orang gagal dalam diet karena mereka tidak menghitung kalori harian mereka.

Orang yang tidak menghitung kalori dan melakukan kalori deficit TIDAK MUNGKIN bisa menurunkan kadar lemak dan berat badan mereka! Karena satu satunya cara untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh adalah dengan membuat tubuh kita kekurangan energi sehingga menggunakan lemak sebagai cadangan energi.
kecuali sedot lemak :p

Nah untuk itu teman teman harus mengetahui betul jumblah asupan kalori yang teman teman konsumsi tiap harinya, memastikan agar asupan yang kita konsumsi tidak melebih kalori yang dibutuhkan tubuh, sehingga kita tetap bisa melakukan kalori deficit.

2. Suka Nyamill
Penyebab berikutnya yang membuat program diet kamu gagal adalah Nyamil! Sebenarnya mengkonsumsi camilan atau snack tidak sepenuhnya salah, selama kita tahu betul jumblah kalori yang kita konsumsi dan tetap untuk tidak melebihi kebutuhan kalori tubuh, tubuh kita tetap akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi.

Tetapi perlu diketahui bahwa camilan merupakan salah satu faktor penyebab gagalnya program diet kamu, karena pada dasarnya camilan seperti snack dan chicki chicki memilki kandungan kalori yang sangat tinggi, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk tubuh mengkonsumsi kalori lebih dari yang tubuh kita butuhkan.

baca juga : 8 makanan yang harus dihindari saat diet!

Untuk itu mulailah beralih dengan mengkonsumsi camilan yang lebih sehat seperti buah buahan. Selain memilki jumblah kalori yang jauh lebih kecil, buah buahan juga memilki berbagai jenis vitamin dan kaya akan serat yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.


3. Kurang Aktif
Nah kurang aktif juga merupakan salah satu penyebab gagalnya program diet kalian, karena pada dasarnya orang yang tidak aktif akan membakar kalori lebih sedikit dibanding mereka yang aktif dan juga memilki metabolisme yang cenderung lambat.

Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan metabolisme dan dapat membakar kalori lebih banyak dari biasanya, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk tubuh tetap melakukan kalori deficit.

Pada dasarnya semua jenis olahraga memilki manfaat yang baik bagi tubuh manusia, pilihlah olahraga yang sesuai dengan jadwal dan kesibukan kalian agar olahraga dapat dilakukan secara rutin dan disiplin.

baca juga : keuntungan dan jenis jenis kardio

4. Kurang Tidur
Nah penyabab selanjutnya yang membuat gagalnya program diet kalian adalah kurang tidur. Kurang tidur dapat menganggu metabolisme pada tubuh manusia, itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan 6 - 8 istirahat tiap harinya.

Karena saat tidur energi akan digunakan untuk melakukan proses penyerapan pada zat zat gizi yang sudah kita konsumsi selama sehari. Dengan memilki kualituas tidur yang baik tentunya memilki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia, seperti menghindari stress, meningkatkan suasana hati, sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh mansuia, dan masih banyak lagi.


5. Kurang Sabar
Sudah menghitung kalori, berolahraga, berolahraga tapi kenapa tidak membuahkan hasil ya? Tentunya dalam program diet tidak semudah membalikan telapak tangan, diperluka proses dan waktu. 

Diet yang benar itu memerlukan waktu yang tidak singkat. Diperlukan waktu untuk mengubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Oleh karena itu tetaplah untuk konsisten dalam menjaga pola makan dan program latihan. Usaha yang keras pasti akan membuahkan hasil :D

Sekian pada artikel 5 penyebab gagalnya diet kamu! 
semoga bermanfaat dan semoga diet kalian lancar!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!