Rahsia Cara Diet yang Benar & Sehat Tanpa Mengganggu Kesehatan!



Diet yang Benar Tanpa Menganggu Kesehatan!

Di dalam dunia fitness tentunya memilki tubuh yang ideal adalah impian bagi banyak orang, namun untuk mendapatkan tubuh impian itu diperlukan beberapa usaha yang tidak mudah, mulai dar pengaturan pola makan dan pola latihan yang bagus dan konsisten.
Dan tentunya untuk mendapatkan tubuh impian itu diperlukan waktu yang bisa dibilang tidak sebentar. Oleh karena itu kita harus memulai pola hidup yang sehat, dan memulai untuk mengubah gaya hidup kita.

Diet pada umumnya adalah pengaturan pola makan agar lebih teratur, tetapi tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalani diet, kenapa? Tentu karena kurangnya pengetahuan dan ilmu akan dunia diet. Tanpa pengaturan pola makan yang tepat, diet akan terasa sangat susah, dan membuat orang berhenti menjalani diet karena 
tidak membuahkan hasil yang optimal.



Kunci Diet

Diet yang benar dapat dicapai hanya dengan satu cara, yaitu Kalori Deficit. Yap kalori deficit adalah keadaan dimana tubuh kita kekurangan kalori perharinya sehingga tubuh kita menggunakan lemak sebagai cadangan energi, sehingga kadar lemak pada tubuh bisa terbakar.

Nah kesimpulannya kalian harus tau betul jumblah kalori yang kalian konsumsi tiap harinya. Oleh karena itu perbanyak pengetahuan tentang jumblah kalori pada makanan. Tiap makanan yang kita konsumsi tentunya memilki jumblah kalori yang berbeda beda, oleh sebab itu kita harus menghitung kalori agar jumblah kalori yang kita konsumsi tidak melebihi kalori harian kita.




Nah berikut adalah beberapa cara dalam diet yang benar dan sehat!

#1. Pilih Makanan yang Rendah Kalori.



Tiap orang tentunya memilki kalori harian yang berbeda beda, tegantung pada jenis kelamin, usia, tinggi badan, dan aktivitas kesibukan mereka masing masing. Semua itu dapat mempengaruhi jumblah kalori yang bisa kamu konsumsi perharinya.

Nah nyatanya ada loh makanan yang memilki jumblah kalori yang besar dalam ukuran yang kecil dan bisa dibilang tidak mengenyangkan! Oleh karena itu kita harus mengetahui dengan jelas jumblah kalori yang kita konsumsi. Rahasia dalam diet yang baik adalah mengkonsumsi makanan yang kandungan kalorinya kecil dengan porsi yang bisa mengenyangkan dan memuaskan di perut. :)


Biasakanlah untuk menghitung kalori makanan pada makanan yang akan kalian konsumsi.
Pilihlah makanan yang mengandung jumblah kalori yang sedikit namun mengenyangkan.
Dengan begitu kita dapat menjalani diet kita dengan tenang tanpa rasa lapar. 

#2. Mengatur Porsi Makan dan Jam Makan.




Nah cara selanjutnya dalam diet yang benar adalah dengan cara mengatur 
porsi makan kita dan juga mengatur jadwal makan kita.
Mengatur porsi makan dan memperhatikan kandungan nutrisinya, usahakan untuk mengkonsumsi porsi makan secukupnya dan tidak menambah porsinya, dengan begitu kita bisa menyimpan jumblah kalori yang bisa kita konsumsi dalam sehari.

Hindari camilan snack seperti chiki dan sebagainya, karena kandungan dalam camilan seperti memilki kalori yang sangat tinggi! Nah oleh karena itu mulaillah untuk beralih pada snack yang lebih sehat contohnya seperti memakan pisang, atau apel jika anda merasa lapar


Jam makan juga menjadi aspek penting dalam diet. Sering kali orang yang sedang menjalani diet sengaja untuk tidak sarapan dengan tujuan untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Faktanya dengan makan 3x sehari kita tetap bisa mengurangi berat badan kita, selama porsi makan kita dalam sehari tidak melebihi kalori harian kita.


Banyak sekali orang yang gagal dalam menjalani diet, karena kurangnya pengetahuan akan diet, makan yang penting sedikit dan malah tersiksa karena kelaparan. Oleh karena itu kita harus menikmati perjalanan diet kita, mengetahui makanan mana yang boleh kita konsumsi dan mana yang tidak.




Usahakan untuk melelngkapi kebutuhan nutrisi harian anda tiap kali kita makan, pilihlah makanan yang ada sumber karbohidratnya, protein, serta lemak baik didalamnya. 

#3. Kurangi Asupan Garam.




Dalam menjalani diet yang benar kita harus mengurangi asupan garam kedalam tubuh kita.

Selain harus mengurangi untuk mengkonsumsi makanan manis, asupan garam juga harus dikurangi dalam menjalani diet yang benar.

Apakah garam membuat gemuk? menurut sebuah penelitian garam memang tidak baik untuk kesehatan pada jantung kita, tetapi mengkonsumsi garam tentu tidak membuat manusia langsung menjadi gemuk. Saar kita mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan sodiumnya, manusia akan mudah haus dan membuat kita banyak minum, dan membuat berat air didalam tubuh kita meningkat. 

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi sodium tidak langsung menambah kadar lemak pada tubuh, melainkan berat air pada tubuh yang meningkat.




Kombinasi dari garam, gula, dan lemak jenuh inilah yang dapat meningkatkan kemungkinan naiknya kadar lemak pada tubuh. Makanan cepat saji, keripik, sosis, kornet dan lainnya terbuktu mengandung kadar garam, gula dan lemak jenuh yang tinggi. Oleh karena itu sebida mungkin kita harus menghindari makanan yang memilki kandungan sodium, gula, dan lemak jenuh yang tinggi.

#4. Beralih ke Camilan yang Sehat.




Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kunci dari menurunkan berat badan adalah dengan cara melakukan Kalori Deficit. Mengkonsumsi snack yang tinggi kalorinya seperti chicki akan meningkatkan kemungkinan untuk kita melebihi target kalori kita perhari, karena pada dasarnya snack seperti chicki dan sejenis memilki jumblah kalori yang sangat tinggi.
Kalori chicki bisa dibilang sangat besar untuk sekali penyajiannya saja
bisa sekitar 300 - 500 kalori apalagi jika kita memakannya lebih dari 1:).

Mulailah untuk mengganti makanan ringan atau snack anda dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, contohnya seperti buah pisang atau apel. Untuk sekali penyajiannya buah pisang memilki sekitar 100 kalori. Selain memilki kalori yang tentunya jauh lebih sedikit, buah buahan juga memilki kandungan vitamin yang tentunya sangat baik untuk tubuh manusia loh!


#5. Minum Air yang Cukup.




Dalam menjalani diet yang sehat kita diharuskan untuk minum air setidaknya 8 gelas dalam sehari. Air putih memilki 0 kalori, jadi tidak berpengaruh pada kenaikan lemak. Usahakan untuk minum 1 gelas air putih sebelum kita makan, tujuannya adalah untuk mengisi perut kita terlebih dahulu dan mengurangi kemungkinan untuk menambah porsi makannya.

Banyak orang mengira bahwa mengkonsumsi air putih dingin membuat kadar lemak pada tubuh meningkat. Nyatanya mengkonsumsi air dingin sama sekali tidak berpengaruh pada kenaikan kadar lemak karena air yang disajikan secara dingin atau tidak sama sama memilki 0 kalori. Hanya saja minum banyak air mengakibatkan berat air pada tubuh kita meningkat, otomatis jika kita menimbang berat badan kita pasti akan meningkat. Berat air bisa berkurang saat kita buang air kecil dan berkeringat.


Minum air putih dengan cukup tentunya memilki banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia, mulai dari pencernaan, kesehtan kulit, mendukung otot dan sendi pada tubuh manusia, dan masih banyak manfaat lainnya lagi.


#6. Berolahraga.




Cara berikutnya dalam menjani program diet yang sehat adalah dengan cara berolahraga.
Kalian bisa melakukan olahraga apapun yang kalian suka, mulai dari futsal, renang, lari, atau bahkan angkat beban. Karena dengan berolahraga kita dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh kita dan membakar lebih banyak kalori tiap harinya, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk tetap mengkonsumsi kalori dibawah kalori harian kita masing masing.

Mulailah berolahraga setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Lakukan dengan konsisten agar kita mendapatkan hasil yang maksimal. Selain untuk meningkatkan metabolisme tubuh kita, olahraga juga masih memilki manfaat lainnya yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.





#7. Istirahat.




Dalam diet yang benar tentunya kualitas tidur juga berpengaruh, normalnya manusia diharuskan untuk tidur setidaknya 6 sampai 8 jam seharinya, agar tubuh manusia yang dapat pulih kembali setelah melakukan berbagai aktivitas. 

Itulah mengapa begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Begadang juga memberikan efek bagi orang yang sedang menjalani fase diet, karena waktu dimana seharusnya kita untuk beristirahat kita gunakan untuk aktivitas lainnya, yang membuat terkadang merasa lapar saat begadang.

Dengan mendapatkan tidur yang cukup, kita bisa menjadi lebih terjaga dan fokus pada siang hari, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempertajam ingatan, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dengan beristirahat.

Contoh Pola Makan yang Baik Untuk Diet

Pada dasarnya memilh makanan untuk diet yang baik tidaklah susah, selama makanan yang anda konsumsi memilki sumber karbohidrat, protein, dan lemak baik didalamnya.
Nah berikut adalah contoh pola makan sederhana yang sehat untuk diet dalam sehari.

Rata rata orang dewasa membutuhkan sekitar 2000 kalori, tentunya tiap orang memilki kebutuhan kalori yang berbeda beda tergantung jenis kelamin, tinggi badan, usia, dan aktivitas yang dilakukan.






Sarapan


  • 2 Roti gandum utuh dengan selai kacang ( 300 kal )
  • Telur rebus ( 70 kal ) 
  • Teh / kopi tanpa gula ( 0 kal )
     Total kalori = 375 kal


Makan Siang
  • 150 Nasi putih ( 195 kal )
  • 100 gr Dada ayam rebus tanpa kulit ( 150 kal )
  • Sayuran ( 50 kal )
     Total Kalori = 395 kal

snack
  • Buah buahan ; Pisang, apel, anggur, dsb ( 100 kal )
  • susu sapi segar (150 kal )
     Total Kalori = 250 kal

Makan Malam
  • 100 gr Kentang rebus ( 118 kal )
  • 100 gr Ikan goreng ( 200 kal )
  • Sayuran ( 50 kal )
     Total Kalori = 368 kal

Total kalori dalam sehari =1400 kalori

Tentunya kalian bisa mengatur dan memilih pola makanan yang paling cocok dengan kalian masing masing, sesuaikan dengan kebutuhan kalori kalian masing masing dan usahakan untuk mendapatkan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang seusai dengan kebutuhan kalian.

Kesimpulan

Jadi untuk menjalani diet yang baik adalah dengan tetap mengkonsumsi kalori tidak lebih dari kalori yang tubuh kita butuhkan perhari. Mulailah untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengatur pola makan, berolahraga, serta beristirahat dengan cukup. 

Semoga bermanfaat! :D





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!