7 Mitos Dunia Gym & Diet yang tidak Benar!



MItos Dalam Dunia Fitness yang Tidak Benar!

Tempat fitness adalah tempat dimana kita melakukan berbagai macam jenis latihan, dengan tujuan yang berbeda sesuai dengan keinginan dan tujuan masing masing orang.
Mungkin ada beberapa orang yang ingin memiliki badan ideal, menurunkan berat badan, ataupun hanya untuk menjadi lebih sehat.

Tapi tahukan anda dalam dunia fitness terdapat beberapa mitos yang sering kali kita dengar dari berbagai sumber, nah tanpa adanya pengetahuan akan dunia kesehatan mitos mitos ini mungkin saja menyesatkan pikiran anda, dan mungkin saja membuat anda jauh dari tujuan utama anda masing masing.


Oleh karena itu kita harus memperdalam lagi pengetahuan kita akan dunia ini, agar kita semakin mengerti dan juga memiliki pengetahuan yang benar, sehingga kita bisa dapat membedakan mana informasi yang benar dan tidak. 


Nah berikut ini adalah beberapa mitos dalam dunia fitness yang nyatanya tidak benar!





"Ngegym Bikin Pendek!"

Yap tiap pemula yang baru memulai perjalanan fitnessnya mungkin kerap kali mendengar kata kata ini. Latihan angkat beban nyatanya tidak menganggu orang yang masih didalam masa pertumbuhan. Latihan angkat beban sering kali dikaitkan dengan hal pertumbuhan ini kenapa? Mungkin karena banyak orang berpikir mengangkat beban yang berat itu tidak baik karena dapat menganggu pertumbuhan pada seseorang. Nyatanya banyak penelitian yang membuktikan bahwa latihan angkat beban tidak menganggu pertumbuhan tulang pada seseorang.


Sebaliknya latihan angkat beban memiliki dampak yang positive pada manusia, lewat angkat beban manusia jadi lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas terutama bagi mereka yang sudah lansia yang aktive dalam latihan angkat beban.





"Jangan Ngegym Nanti Gede! Serem"



Nah mitos berikutnya yang sering kita dengar adalah "jangan terlalu sering ngegym nanti serem". Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, karena orang yang rutin dalam latihan angkat beban dan memiliki massa otot yang sangat banyak bisa saja menjadi sangat besar contohnya seperti binaraga. Tetapi perlu diketahui orang yang pekerjaannya sebagai binaraga memerlukan hitungan tahun agar bisa menciptakan massa otot sebanyak itu.

Dalam dunia fitness, menambah massa otot bisa dibilang sangat susah, dan diperlukan beberapa aspek penting sehingga kita dapat membuat otot, mulai dari asupan nutrisi tiap orang dan juga pola latihan yang teratur.

Intinya untuk membuat massa otot itu sangat susah dan diperlukan waktu yang tidak sebentar, jadi bagi kalian yang masih percaya akan hal ini jangan takut besar yah!




"Cewe Jangan Ngegym Nanti Kaya Cowo"

Mungkin tidak sedikit dari wanita yang masih memiliki pemikiran seperti diatas ini, takut memasuki dunia fitness karena masih memiliki pemikiran seperti ini.
Nah tentunya pernyataan diatas ini 100% tidak benar!

Untuk membuat massa otot diperlukan beberapa aspek penting mulai dari makanan, serta pola latihan. Namun hormon manusia juga berperan penting dalam fase pembentukan otot, ( hormon testosterone )
hormon ini memang ada pada tiap manusia baik pria maupun wanita. Tetapi nyatanya wanita tidak memiliki hormon sebanyak yang ada pada kaum pria, oleh karena itu wanita tidak mungkin bisa menciptakan massa otot sebanyak pria. 


Tetapi banyak wanita yang melakukan suntik hormon kedalam tubuhnya sendiri dengan tujuan menambah massa otot, oleh karena itu wanita bisa memiliki massa otot layaknya seorang pria. 

Jadi selama wanita tidak menyuntikan hormon kedalam tubuh, wanita tidak akan bisa memiliki otot layaknya seperti pria, jadi jangan takut bagi kalian wanita yang ingin latihan angkat beban, sebaliknya wanita yang rutin dalam menjalani latihan angkat beban dan diimbangi dengan pola makan yang teratur dapat memiliki tubuh yang lebih sehat, dan menggapai tubuh impian kalian masing masing.



"Berhenti Ngegym Bikin Gemuk"

Photo by Magda Ehlers from Pexels


Nah pernyataan ini adalah pertanyaan yang paling sering saya dengar dari orang disekitar saya dan lingkungan saya. Tentunya mitos diatas tidak benar! Mungkin ada beberapa orang yang memang mengalami kejadian seperti diatas, tapi itu tidak membuktikan bahwa berhenti latihan angkat beban dapat membuat tubuh kalian kendor atau gemuk.

Saat orang rutin dalam latihan angkat beban otomatis metabolisme tubuh mereka meningkat, dan saat dimana ia tidak lagi latihan angkat beban membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat. 

Memang tidak sedikit orang yang tubuhnya kendor atau gemuk beberapa waktu setelah memutusksan untuk berhenti latihan angkat beban, kenapa? Karena ia tidak mengatur pola makan dan asupan kalori serta nutrisinya.

Disaat kita latihan angkat beban tentunya kita akan membutuhkan asupan kalori lebih banyak, karena metabolisme yang meningkat. Dan disaat orang tersebut memutuskan untuk berhenti melakukan latihan angkat beban otomatis metabolisme tubuh akan melambat. Nah tentunya itu akan berdampak pada tubuh kita jika kita tidak mengontrol asupan kalori yang masuk kedalam tubuh kita.
Nyatanya orang yang berhenti tetap bisa mempertahankan bentuk tubuhnya, selama orang tersebut tetap menjaga asupan nutrisi, dan kalori yang masuk kedalam tubuh.


Orang yang berhenti dalam rutinitas angkat bebannya tentu membuat lebih besar kemungkinan untuk naiknya kadar lemak pada tubuh dibanding mereka yang masih berolahraga. Karena jelas orang yang berolahraga memiliki metabolisme yang lebih cepat jika dibandingkan dengan orang yang berhenti berolahraga. Hal ini bukanlah hal yang pasti tetapi meningkatkan kemungkinan untuk naiknya lemak pada tubuh jika kita tidak mengatur pola makan kita sehari hari.

Tetapi tidak alasan untuk kita berhenti berolahraga dong?
Menjaga apa yang sudah kita dapat dengan jerih payah. Karena menurut saya hal tersusah adalah bukan bagaimana cara mendapatkannya tetapi bagaimana mempertahankannya setelah kita mendapatkannya :).


"Sit-up Untuk Bakar Lemak Perut"

Ini adalah mitos dalam dunia fitness yang sering kali dilakukan banyak orang, kesalahan seperti ini yang membuat banyak orang berhenti berolahraga karena tidak membuahkan hasil yang memuaskan, karena kurangnya pengetahuan akan dunia ini.

Umumnya perut buncit diakibatkan karena tingginya kadar lemak pada perut. 
Tentunya sebuah kesalahan besar jika kita berniat untuk membakar lemak peda perut dengan cara melakukan latihan perut seperti sit-ups. Latihan pada perut umumnya untuk melatih otot perut kita BUKAN untuk membakar lemak pada perut!

Hanya ada satu cara untuk mengurangi kadar lemak yang ada pada tubuh manusia yaitu dengan Kalori Deficit! Dimana tubuh kita kekurangan energi dengan cara mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya. Dengan begitu tubuh kita akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi dan bisa mengurangi kadar lemak yang ada pada tubuh manusia.


Pada dasarnya kita tidak bisa menarget dimana kita ingin mengurangi kadar lemak kita, artinya kita tidak bisa mengatur tubuh kita untuk membakar lemak pada perut kita terlebih dahulu. Diperlukan konsistensi dalam fase ini, pelan tapi pasti jika kalian melakukan kalori deficit secara baik dan konsisten maka lemak pada perut kalian pasti akan terbakar.

Otot perut pasti akan terlihat jika kadar lemak tubuh kita sedikit, pelan tapi pasti kita harus tetap konsisten dalam menjaga pola makan.

Jadi bagi kalian yang masih berpikir bahwa melakukan latihan sit-ups untuk mengecilkan perut, jangan dilalkukan lagi yah :). Setelah menjaga pola makan agar tidak mengkonsumsi kalori dari yang diperlukan tubuh kita tiap harinya / kalori deficit, berulah melakukan latihan otot perut seperti Sit-ups, Crunch, Plank, dan lain lain agar otot perut semakin kencang dan padat.



"Makan Tidak Boleh Saat Malam Hari"




Nah mitos selanjutnya ini pasti sudah sangat sering teman teman sekalian dengar kan?
pernyataan yang satu ini tidak benar loh! Pastinya kita memiliki tujuan yang berbeda beda dalam tujuan fitness kita, mungkin ada beberapa dari kita yang sedang menjalani diet, dan mungkin beberapa dari kita ingin menambah berat bada kita.
Lagi diet atau tidak, makan pada saat malam hari sama sekali tidak berpengaruh pada tubuh anda.

Pisang yang anda konsumsi baik pada siang hari maupun malam hari jumblah kalorinya tetap sama, nyatanya total kalori pada pisang yang anda konsumsi pada malam hari tetap sama dan tidak bertambah sedikit pun:).

Jika tujuan anda adalah menurunkan berat badan atau diet, hal terpenting adalah tidak mengkonsumsi kalori lebih dari yang tubuh kita butuhkan atau kalori deficit. Tentunya mengkonsumsi makanan pada malam hari tidak berpengaruh selama kalian memperhatikan total asupan kalian perharinya.



"Umur Sudah Tua, Apa Masih Bisa Buat Otot?"

Tidak sedikit orang yang masih berpikir bahwa tidak bisa memiliki tubuh yang atletis dan ideal disaat usia yang sudah tua. Tentunya hal ini tidak benar dan termasuk salah satu mitos dalam dunia fitness.

Orang yang sudah berusia senja tentunya tetap bisa mendapatkan tubuh yang atletis dan ideal, tentunya untuk menggapainya tidak ada jalan pintas selain mengatur pola makan dan melakukan program latihan yang sesuai dan disiplin.

Seiring berjalannya waktu metabolisme tubuh manusia pasti semakin melambat, oleh karena itu diperlukan pengaturan dalam pola makan. Dan seperti yang kalian ketehaui untuk membangun massa otot kita memerluka asupan protein yang cukup, oleh karena itu kita harus tetap memenuhi kebutuhan protein harian kita masing masing.


Tidak ada syarat dan patokan untuk menjalani hidup sehat dengan cara melatih otot kita dimasa senja, ingat terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, dan tentunya tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup yang seha :)


Nah berikut tadi adalah beberapa mitos dalam dunia fitness yang sering kali kita dengar dari lingkungan sekitar, jika masih ada orang lain yang berpikir seperti beberapa mitos diatas alangkah baiknya jika kita memberikan penjelasan dan ilmu yang benar akan dunia fitness ini.

Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!