Makan 7 Buah Ini Untuk Turunkan Berat Badan!


BUAH YANG BAGUS UNTUK DIET

Diet pada umumnya adalah pengaturan pola makan, demi mendapatkan tubuh yang ideal banyak orang melakukan program diet. Karena dalam diet menghitung jumblah kalori dan nutrisi menjadi kunci utama dalam keberhasilan diet. Tentunya tiap orang memilki tujuan yang berbeda beda, menaikan atau mengurangi berat badan keduanya tetap berkaitan erat dengan kunci diet yaitu menghitung jumblah kalori dan nutrisi yang dikonsumsi tiap harinya.

Dengan mengkonsumsi buah yang tinggi vitamin dan serat tentunya dapat membantu program diet kalian. Selain kaya akan vitamin dan serat yang menjadi alasan buah buahan sangat bagus bagi orang yang sedang menjalani diet, buah buahan juga memiliki kandungan kalori yang tidak besar, sehingga aman dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani program diet, sehingga meningkatkan kemungkinan turunnya kadar lemak pada tubuh manusia.


Tetapi tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalani program dietnya, dikarenakan kurangnya pengetahuan dalam diet. Nyatanya untuk mengurangi atau menambah berat badan seseorang dipengaruhi oleh kalori yang masuk kedalam tubuh
( kalori surpluss / deficit ).

Karena diet yang benar adalah pengaturan pola makan, maka diet akan berhasil jika kalian tahu betul akan tujuan kalian. Untuk mengurangi berat badan kalian diharuskan untuk mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari pada yang tubuh butuhkan, sehingga tubuh menjadi kekurangan energi dan menggunakan lemak sebagai cadangan energi ( kalori deficit ).  sebaliknya untuk menaikan berat badan diharuskan mengkonsumsi kalori 
lebih banyak dari pada yang dibutuhkan tubuh ( kalori surpluss ).


Hal yang Membuat Gagalnya Diet Kalian!

#1. Pola Makan Buruk

Nah hal pertama yang sering membuat gagalnya program diet adalah kurang dalam mengatur pola makan! Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya kunci dalam keberhasilan diet adalah dengan menghitung jumblah kalori dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh tiap harinya! Ya, jadi kalian harus menghitung kalori tiap kali anda mau makan dan memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang akan dikonsumsi.

"Bagaimana cara menghitung kalori?"

Seperti yang kalian ketahui tiap makanan pasti memilki jumblah kalori yang berbeda beda, tergantung dari jenis makanannya dan cara penyajiannya. Cara mengetahui kalori yang terkandung dalam suatu makanan bisa kita ketahui dengan mencari informasinya di internet atau dengan aplikasi kesehatan yang tersedia pada smartphone kalian masing masing ( myfitnesspal ).

Oleh karena itu kita harus mengetahui betul jumblah kalori tiap makanan yang akan kita konsumsi. Kita juga harus mempertimbangkan makanan mana yang boleh kita makan dan makanan mana yang tidak boleh kita makan. harus mengetahui makanan mana yang memiliki kalori yang tinggi dan mana yang tidak, ada loh jenis makanan yang memilki jumblah kalori yang sangat tinggi namun memilki ukuran yang sangat kecil! Dan bukan hanya makanan saja, minuman - minuman tertentu juga terkadang memilki kalori yang cukup besar didalamnya!



#2. Kurang Beraktivitas

Nah alasan kedua yang menyebabkan gagalnya diet yang kalian jalani adalah kurang beraktvitas.  Kurangnya beraktivitas membuat metabolisme pada tubuh menjadi lambat, sehingga tubuh tentunya hanya mampu membakar kalori dengan jumblah yang sedikit.
Jadi gak heran kan kenapa terkadang kalian susah untuk menurunkan berat badan padahal sudah makan sedikit dan menahan rasa lapar. 

Nah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas, tubuh kita tentunya akan memerlukan lebih banyak energi dan membakar kalori lebih banyak, sehingga metabolisme tubuh manusia juga akan meningkat.


Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kalian lakukan, pilihlah jenis olahraga yang kalian sukai dan sesuai dengan jadwal kalian masing masing.
Contoh olahraga yang bisa kalian lakukan seperti ; futsal, basket, lari, renang, dsb.

#3. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Tentunya memilki pola hidup buruk dan tidak sehat menjadi salah satu penyebab gagalnya diet yang kalian jalani. Karena pada dasarnya program diet dan pola hidup yang kalian jalani itu saling berkaitan. 

Pola hidup yang tidak sehat adalah gaya hidup yang kurang memperhatikan kesehatan jasmani maupun rohani orang tersebut. Kebiasaan seperti minum minuman beralkohol, merokok, begadang, dan sebagainya tentu memilki pengaruh yang sangat besar dalam program diet yang anda jalani. 

Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam program diet, mulailah untuk mengubah gaya hidup kalian menjadi gaya hidup yang lebih sehat, dengan cara lebih memperhatikan asupan kalori dan nutrisi, rajin berolahraga, dan memilki kualitas tidur yang baik :D.



Dengan mengkonsumsi buah buahan tentu dapat membantu program diet kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, Karena buah umumnya memilki kandungan vitamin dan serat yang tentunya sangat bagus untuk tubuh manusia.

Buah Untuk Menurunkan Berat Badan!

a. Buah Pisang


Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Buah pisang adalah buah tropik yang menjadi buahu kesukaan banyak orang. Tentunya buah yang satu ini mengandung gizi yang baik untuk tubuh manusia. Selain itu pisang juga dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan maupun minuman.

Dalam satu penyajiannya pisang mengandung sekitar 100 kalori tergantung ukuran pisangnya.

b. Buah Mangga



Buah mangga juga termasuk buah yang sangat cocok untuk program diet kamu. Buah Mangga mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, kalsium, antioksidan, dan akan kaya akan serat, yang dapat mengoptimalkan program diet kamu untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Dalam satu penyajiannya buah mangga mengandung sekitar 60 -80 kalori, jadi mangga memilki jumblah kalori yang terbilang kecil, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi kalian yang sedang menjlanai deficit kalori.

c. Buah Apel


Nah bagi kalian yang senang mengkonsumsi makanan yang manis, apel bisa menjadi jawaban untuk kalian, karena umumya apel memilki rasa yang sangat manis. Tentunya buah apel sangat cocok untuk menjadi camilan sehari hari, mulailah untuk mengkonsumsi camilan sehat :D

Buah apel sangat cocok bagi kalian sedang menjalani program diet karena salah satu buah yang bebas lemak,  kaya akan serat ,memilki kandungan vitamin C serta mengandung berbagai macam antioksidan di dalamnya

1 buah apel mengandung sekitar 80 - 90 kalori di dalamnya.
Mengkonsumsi apel sebagai camilan sehari hari sangat saya sarankan karena memilki kandungan yang bergizi bagi tubuh manusia dan sangat cocok bagi mereka yang sedang menjlani program diet.

d. Buah Pepaya

Photo by Debora Cardenas on Unsplash

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan.


Buah pepaya memilki jumblah kalori sekitar 50 kalori untuk tiap penyajiannya, jadi sangat bagus untuk program diet kalian, karena memilki kandungan kalori yang terbilang kecil sehinggal membuat kita untuk tetap kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kemungkinan untuk kita mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh.

e. Buah  Nanas

Photo by Julien Pianetti on Unsplash

Buah nanas juga bisa kalian jadikan refrensi sebagai camilan sehat saat menjalani program diet. Karena nanas memilki berbbagai kandungan yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Mulai dari vitamin A, B, dan juga C

Dengan begitu mengkonsumsi buah nanas sangat bagus untuk tubuh, karena bisa memperkuat sistmen kekebalan tubuh manusia, menjaga kesehatan mata, kulit, sampai mengurangi resiko terserang berbagai jenis kanker.

Dalam 100 gram penyajiannya nanas hanya mengandung sekitar 50 kalori.

f. Buah Anggur




Buah yang satu ini juga tidak kalah dengan buah lainnya, buah anggur memilki kandungan vitamin C dan vitamin E yang berguna bagi sumber energi pada tubuh, dengan begitu anda tidak akan cepat lelah dan lemas saat menjalani propgram diet.

Kulit pada buah anggur juga mengandung phytochemical atau yang biasa disebut resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung . 

Untuk tiap 100 gram anggur mengandung sekitar 60 kalori.

g. Buah Jeruk

Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Jeruk mulanya ditemuka di sekitar pegunungan Himalaya, wilayah Yunnan di Tiongkok. Jeruk sudah terkenal akan kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Untuk 100 gramnya jeruk hanya mengandung sekitar 45 kalori! Jadi sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet karena memilki jumblah kalori yang terbilang sedikit.





Sekian pembahasan aritkel kali ini yang membahas tentang 7 buah yang bagus untuk menurunkan berat badan kalian. Semoga bermanfaat :D





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!