Makan Malam Membuat Berat Badan Naik? Fakta Atau Mitos? - GSnutrition




Banyak orang yang masih beranggapan bahwa untuk diet dan mengurangi berat badan dilarang untuk makan malam. Tentu pernyataan ini hanyalah sebuah mitos yang tidak benar! Karena umumnya kenaikan berat badan atau lemak tidak dipengaruhi oleh pemasukan kalori pada malam hari saja! Melainkan dipengaruhi oleh total kalori makanan yang kita konsumsi baik pada pagi, siang, sore, maupun malam hari.


Masih banyak sekali mitos mitos yang tidak benar yang nyatanya masih dipercayai banyak orang tanpa dasar dan alasan yang logis. Untuk mendapatkan hasil yang optimal saat menjalani diet tentu kita harus mengetahui informasi mana yang benar dan mana yang tidak. 


Nah pada artikel ini GSnutrition akan membahas tuntas tentang apakah makan malam membuat berat badan naik!


Apakah Makan Malam Membuat Berat Badan Naik?


Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya bahwa makan malam sama sekali tidak ada kaitannya dengan kenaikan berat badan, karena faktor utama naiknya kadar lemak  dikarenakan oleh total kalori yang masuk kedalam tubuh lebih banyak dari kalori yang dibutuhkan tubuh ( kalori surpluss )



Kalori surpluss adalah keadaan dimana manusia mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh butuhkan, sehingga kalori tersebut disimpan dan dijadikan cadangan energi oleh tubuh atau yang sering disebut dengan lemak.


Penyebab utama naiknya kadar lemak pada tubuh adalah total kalori yang dikonsumsi PERHARINYA, baik pagi, siang, dan malam hari. 


"Jadi Saya Boleh Makan Malem Ni Gan?"


Jawabannya adalah sangat sangat boleh. Selama kalori yang kalian konsumsi tidak melebihi kalori yang tubuh butuhkan atau tidak melebihi kalori harian kita masing masing. Karena diet yang benar adalah diet yang tidak menyiksa dan bisa dijalankan untuk waktu yang lama:D


Jadi gini gan, sebagai contoh, kalori yang terdapat pada buah pisang kurang lebih sekitar 100 kalori, nah jika pisang tersebut kita konsumsi pada malam hari apakah kalori pisangnya jadi bertambah? Tidak kan :)
Jadi baik pagi, siang, ataupun malam tidak akan mengubah kandungan kalori pada suatu makanan gan.


Intinya adalah kenaikan berat badan atau kenaikan kadar lemak pada tubuh, dikarenakan oleh kalori surpluss! Dimana tubuh mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang tubuh butuhkan, yang membuat naiknya kadar lemak pada tubuh manusia.



Cara mengatasinya


1. Kalori Deficit 



Kenaikan kadar lemak pada tubuh dikarenakan oleh kalori surpluss dimana kalori yang dikonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Nah sebaliknya kalori deficit adalah keadaan dimana tubuh mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang tubuh kita butuhkan, sehingga tubuh kita akan menggunakan lemak sebagai cadangan energi dan dengan begitu kadar lemak pada tubuh akan berkurang.


Kalori deficit adalah satu satunya cara untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh. Seperti yang teman teman ketahui ada banyak sekali jenis diet yang menggunakan berbagai macam metode yang berbeda, tapi perlu diketahui bahwa segala jenis diet apapun yang kita lakukan tidak akan membuahkan hasil jika kita tidak melakukan kalori deficit!





2. Olahraga



Cara berikutnya untuk mengatasi naik berat badan adalah dengan cara melakukan olahraga. Teman teman pasti sudah tahu kan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan olahraga, salah satunya adalah dapat mengurangi berat badan dan kadar lemak pada tubuh.


Ketika melakukan olahraga tubuh kita akan membakar kalori lebih banyak dari biasanya, yang akan mempercepat metabolisme tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga tentu akan meningkatkan kemungkinan untuk tubuh tetap mengkonsumsi kalori dibawah kalori harian yang dibutuhkan tubuh ( kalori deficit ).


Banyak jenis olahraga yang bisa teman teman lakukan. Carilah aktivitas olahraga yang sesuai dengan minat dan jadwal kalian masing masingm agar olahraga bisa dilakukan dengan rutin dan konsisten :D





3. Hindari Makanan Berkalori Tinggi



Langkah berikutnya untuk mengatasi naik berat badan adalah dengan menghindari makanan berkalori tinggi. Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi! Umumnya rata rata orang dewasa membutuhkan kalori sekitar 2000 - 2500 tiap harinya, jika mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi tentu akan meningkatkan kemungkinan tubuh melakukan kalori surpluss, yaitu keadaan dimana kalori yang di konsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan perhari!




Untuk itu konsumsilah makanan yang tinggi nutrisi dan memiliki kandungan kalori yang rendah, agar tubuh kita tetap bisa menjaga kalori yang masuk dan tetap konsisten dalam melakukan kalori deficit.


Contoh Makanan yang tinggi kalori :

  • Junk Food
  • Snack
  • Kacang kacangan
  • Kue
  • Minuman bersoda
  • Dll


Kesimpulan


Jadi kesimpulan pada artikel ini adalah kenaikan lemak tidak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi pada malam hari, melainkan dipengaruhi oleh total jumblah kalori yang dikonsumsi selama satu hari penuh! Baik pagi, siang, maupun malam.

Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu teman teman yah! Terimakasi.
Goodluck.


















Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bentuk Otot Tanpa Suplemen | Apa Bisa?

Program latihan Untuk Membuat Otot paling efektive untuk pemula!

Cara Melakukan Push Up yang Benar! GSnutrition

Apa Maksud Kalori Surpluss & Deficit Dalam Dunia Fitness?

6 Hal Yang Harus Diketahui Pemula Sebelum Nge-Gym! Panduan Cara Fitness

10 Makanan Sumber Protein yang Mudah di Dapat

8 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet | Kalori Tinggi

Suplemen FItness Paling Bagus Untuk Pemula Yang Kurus

7 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut dan Paha Paling Ampuh!

Makanan Yang Paling Baik Untuk Bulking Optimal!